TINJAUAN HUKUM PERIKATAN ISLAM TERHADAP PEMBATALAN AKAD PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI KSPPS (Studi Kasus di KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Kejajar, Kabupaten Wonosobo)

IZZATI, YUSNIA ULINNIFA (2021) TINJAUAN HUKUM PERIKATAN ISLAM TERHADAP PEMBATALAN AKAD PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI KSPPS (Studi Kasus di KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Kejajar, Kabupaten Wonosobo). [UNSPECIFIED]

[img] Text
REVISI SKRIPSI YUSNIA ULINNIFA IZZATI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai pembatalan akad pembiayaan mudharabah di KSPPS dari tinjauan hukum perikatan islam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kasus kemacetan dalam angsuran pengembalian dana pembiayaan mudharabah di KSPPS Tamzis Bina Utama yang menyebabkan adanya pembatalan akad yang dipengaruhi oleh penyimpangan akad pembiayaan mudharabah, hal tersebut terus berlanjut dalam masyarakat seakan tidak dipermasalahkan dalam syariah. Tujuan dari penelitian ini untuk menjawab pertanyan utama (1) Bagaimana pembatalan akad pembiayaan mudharabah di KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Kejajar (2) Tinjauan hukum perikatan islam terhadap pembatalan akad mudharabah di KSPPS Tamzis Bina Utama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, pengamatan langsung dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendeskripsikan tinjauan hukum perikatan islam terhadap pembatalan akad pembiayaan mudharabah. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, bahwa penyimpangan akad pembiayaan mudharabah di KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Kejajar disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap akad syariah, masyarakat juga cenderung memanfaatkan waktu pengembalian dana dan tingkat perceraian di wonosobo juga mempengaruhi penyimpangan akad pembiayaan mudharabah. Penyimpangan akad pembiayaan mudharabah dalam tinjauan hukum perikatan islam menyebabkan rusak atau cacatnya akad, sehingga dapat dibatalkan, dalam KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Kejajar dilakukan adanya pembatalan akad pembiayaan mudharabah ketika penyimpangan siketahui sebelum jatuh tempo dan jika diketahui setelah jatuh tempo maka dana pembiayaan dikembalikan kepada KSPPS Tamzis Bina Utama sepenuhnya tanpa bagi hasil.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2021 06:50
Last Modified: 15 Aug 2021 13:25
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/11169

Actions (login required)

View Item View Item