MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BUDI PEKERTI SISWA TUNAGRAHITA DI SMPLB NEGERI SALATIGA

nurfaizah, (2021) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BUDI PEKERTI SISWA TUNAGRAHITA DI SMPLB NEGERI SALATIGA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
PAI_NURFAIZAH_23010170048.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi model pembelajaran dan implikasi siswa tunagrahita di SMPLB. Pertanyaan utama yang dijawab dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana model pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunagrahita di SMPLB Negeri Salatiga? (2) Bagaimana Implikasi budi pekerti pada siswa tunagrahita di SMPLB Negeri Salatiga? Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu wawancara dengan beberapa informan dari SMPLB Negeri Salatiga dan wali murid siswa tunagrahita, data sekunder yang digunakan yaitu buku, jurnal dan hasil penelitian sebelumnya. Pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Model pembelajaran pendidikan agama Islam yang diterapkan pada siswa tunagrahita adalah model pembelajaran quantum model pembelajaran tersebut disampaikan dengan kreatif oleh guru untuk mengalihkan fokus siswa dan juga menggunakan alat peraga seperti LCD, kertas gambar sesuai dengan materi, dan disampaikan secara berulang-ulang untuk memudahkan siswa memahami pembelajaran. Apabila materi mengharuskan praktik secara langsung guru memberikan contoh agar peserta didik menirukan dengan baik dan benar. (2) Implikasi budi pekerti pada siswa tunagrahita di SMPLB diantaranya anak lebih disiplin, kejujuran meningkat, berbakti kepada orang tua, peduli sesama teman, sikap tolong menolong meningkat, taat beribadah dan selalu bersyukur dengan apa yang dimilikinya. Guru dan orang tua sangat berpengaruh pada siswa untuk membimbing dengan sabar, telaten dan tanggung jawab, sehingga siswa bisa mengimplementasikan baik disekolah maupun dilingkungan sekitar.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2021 11:07
Last Modified: 13 Aug 2021 02:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11175

Actions (login required)

View Item View Item