ANALISIS PEMANFAATAN LINGKUNGAN RUMAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS PENDEKATAN INQUIRY DI ERA COVID-19 PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SMP N 1 PABELAN

Nurafiani, Gita (2021) ANALISIS PEMANFAATAN LINGKUNGAN RUMAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS PENDEKATAN INQUIRY DI ERA COVID-19 PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SMP N 1 PABELAN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
GITA NURAFIANI 23060170060.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nurafiani, Gita. 2021. Analisis Pemanfaatan Lingkungan Rumah Sebagai Sumber Belajar Berbasis Pendekatan Inquiry di Era Covid-19 pada Pembelajaran IPA Kelas VII SMP N 1 Pabelan Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Progam Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, M. Si. Kata Kunci: Lingkungan Rumah Sebagai Sumber Belajar Inquiry, Pembelajaran IPA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemanfaatan lingkungan rumah sebagai sumber belajar berbasis pendekatan inquiry di era Covid-19 pada pembelajaran IPA kelas VII, untuk mengetahui kendala yang dihadapi siswa dalam pelaksanaan pemanfaatan lingkungan rumah sebagai sumber belajar berbasis pendekatan inquiry di era Covid-19 pada pembelajaran IPA kelas VII, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam mengidentifikasikan pelaksanaan pemanfaatan lingkungan rumah sebagai sumber belajar berbasis pendekatan inquiry di era Covid-19 pada pembelajaran IPA kelas VII SMP N 1 Pabelan tahun ajaran 2020/2021, . Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Tahap-tahap dalam penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data. Hasil dari penelitian ini meyimpulkan bahwa (1) guru bersama peserta didik telah memanfaatkan lingkungan rumah sebagai sumber belajar sehingga peserta didik dapat belajar secara aktual dan nyata dengan memanfaatkan lingkungan di sekitar rumah seperti lingkungan di dalam rumah dengan memanfaatkan bumbu dapur sebagai indikator alami, lingkungan di halaman rumah yang terdapat berbagai tumbuhan, hewan, air, dan batu yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar, (2) kendala yang dihadapi peserta didik antara lain: lingkungan tempat tinggal peserta didik yang beragam jenis, pengaruh cuaca yang tidak menentu sehingga menghambat dalam penyelesaian tugas yang diberikan oleh guru, kurangnya ketersedian bahan dan alat yang dibutuhkan dalam proses belajar melalui pemanfaatan lingkungan rumah, (3) kendala yang dihadapi guru diantaranya tempat tinggal peserta didik yang beragam sehingga guru kesulitan dalam menyesuaikan materi yang dapat diterapkan dalam pemanfaatan lingkungan rumah sebagai sumber belajar, kurangnya ketersedian bahan dan alat yang tidak mudah diperoleh peserta didik sehingga menghambat dalam proses belajar, pengaruh cuaca yang tidak menentu terhadap lingkungan sebagai sumber belajar sehingga proses pembelajaran tidak berlajaran optimal, terjadinya miskonsepsi antara guru dan peserta didik terhadap pembelajaran melalui pemanfaatan lingkungan rumah sebagai sumber belajar.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2021 10:43
Last Modified: 13 Jul 2021 10:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11229

Actions (login required)

View Item View Item