BANTUAN PENELITIAN KOMPETITIF KOLEKTIF DIREKTORAT PENDIDIKAN TINGGI ISLAM DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM KEMENTERIAN AGAMA RI TAHUN 2015

Sutomo, Imam (2021) BANTUAN PENELITIAN KOMPETITIF KOLEKTIF DIREKTORAT PENDIDIKAN TINGGI ISLAM DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM KEMENTERIAN AGAMA RI TAHUN 2015.

[img] Text
CIPP 2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model pengembangan evaluasi program pengelolaan Mahad Aly di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), (2) menghasilkan teknik pelaksanaan evaluasi program pengelolaan Mahad Aly di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), dan (3) menghasilkan struktur komponen dan indikator model evaluasi pengelolaan Mahad Aly di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan sembilan langkah dari 10 langkah model Borg dan Gall. Lokasi penelitian di Mahad Aly UIN Malang, dan Mahad Aly IAIN Salatiga. Subjek uji coba terdiri dari; pengelola, unsur pimpinan, dan mahasantri. Komponen model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi Stufflebeam (CIPP). Teknik pengumpul data yang digunakan adalah Delphi, FGD, kuesioner, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Model evaluasi program ma‟had Aly agar dapat meningkatkan kualitas program pengelolaan Mahad Aly di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) antara lain; Perbaikan sarana belajar, Perbaikan sarana, sarana, Perbaikan Kinerja dan pendampingan. Teknik pelaksanaan evaluasi yang tepat pada program pengelolaan Mahad Aly di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) adalah; Teknik pemeliharaan hafalan, Teknik keberlangsungan alumni peserta ma‟had, Kaderisasi – Regenerasi, Ilmuwan ulama dan ulama yang ilmuwan. Struktur komponen dan indikator model evaluasi sebagai acuan penyusunan instrumen evaluasi program pembelajaran pengelolaan Mahad Aly di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yakni; Aspek Context terdiri atas kelengkapan dan kejelasan visi ma‟had, kelengkapan dan kejelasan misi ma‟had, kelengkapan dan kejelasan tujuan ma‟had, ketersambunagn antara materi ma‟had dengan tujuan PTKIN, Saling mendukung antara materi ma‟had dengan program PTKIN. Aspek Input meliputi; kriteria calon peserta mahad, entri behavior peserta mahad, konsentrasi terhadap materi ma‟had, Respon positif terhadap proses pembelajaran, Kreatif dalam proses pembelajaran. Aspek Proses meliputi pelaksanaan kegiatan di ma‟had, penggunaan dan keragaman model pembelelajaran, evaluasi berjalan dengan efektif dan aktif, materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum. Aspek Product meliputi; kemampuan yang diharapkan setelah mengikuti program ma‟had, ada respon positif dari masyarakat, terlihat jelas hasil dari alumni ma‟had, materi ma‟had menjadi model bagi pengembangan PTKIN, kemampuan bahasa asing meningkat Kata kunci: Ma‟had Aly, model evaluasi CIPP,PTKIN

Item Type: Article
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2021 15:36
Last Modified: 13 Jul 2021 15:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11233

Actions (login required)

View Item View Item