PROSES BERPIKIR DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONSEP PYTHAGORAS MENURUT POLYA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS MIFTAHUDDIN KEDUNGWARU KIDUL KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

STYANINGSIH, ALVY PUTRI (2021) PROSES BERPIKIR DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONSEP PYTHAGORAS MENURUT POLYA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS MIFTAHUDDIN KEDUNGWARU KIDUL KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Alvy Putri Styaningsih 23070170054.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Styaningsih, Alvy Putri. 2021. “Proses Berpikir Dalam Memecahkan Masalah Konsep Pythagoras Menurut Polya Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Miftahuddin Kedungwaru Kidul Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi Program Studi Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, S.Pd. M.Pd. Kata Kunci: Proses Berpikir, Pemecahan Masalah Polya, Konsep Pythagoras Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berpikir dalam memecahkan masalah konsep Pythagoras menurut Polya pada peserta didik kelas VIII MTs Miftahuddin Kedungwaru Kidul kecamatan Karanganyar kabupaten Demak tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, informan penelitian ini adalah 6 peserta didik kelas VIII MTs Miftahuddin Kedungwaru Kidul Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes tertulis, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses berpikir dalam memecahkan masalah konsep Pythagoras menurut Polya yang dilakukan oleh peserta didik kelas VIII MTs Miftahuddin Kedungwaru Kidul Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak tahun pelajaran 2020/2021 berbeda-beda, pada proses berpikir asimilasi dalam memecahkan masalah konsep Pythagoras menurut Polya pada langkah memahami masalah, membuat rencana, memeriksa kembali dilakukan oleh peserta didik berkemampuan tinggi dan sedang, dan untuk langkah melaksanakan rencana hanya dilakukan oleh peserta didik berkemampuan tinggi. Proses berpikir akomodasi dalam memecahkan masalah konsep Pythagoras menurut Polya pada langkah memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana dilakukan oleh peserta didik berkemampuan sedang dan rendah, dan untuk langkah memeriksa kembali hanya dilakukan peserta didik berkemampuan rendah. Serta proses berpikir abstraksi dalam memecahkan masalah konsep Pythagoras menurut Polya pada langkah memahami masalah hanya dilakukan oleh peserta didik berkemampuan tinggi dan rendah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Jul 2021 21:07
Last Modified: 16 Jul 2021 14:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11249

Actions (login required)

View Item View Item