EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA KESENIAN DRUMBLEK KOTA SALATIGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA

maulana, ridwan (2021) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA KESENIAN DRUMBLEK KOTA SALATIGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI RIDWAN MAULANA_CETAK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan eksplorasi serta mendeskripsikan etnomatematika pada kesenian drumblek kota Salatiga dan memaparkan aktivitas etnomatematika yang terdapat didalamnya. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, dimana peneliti menjadi instrumen utama. Pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara dengan dua orang narasumber yang ahli dalam kesenian drumblek, observasi dilakukan langsung dengan kelompok drumblek. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat konsep etnomatematika pada kesenian drumblek di kota Salatiga dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika. Aktivitas etnomatematika yang terdapat dalam kesenian drumblek kota Salatiga diantaranya; a) Counting (Membilang), b) Measuring (Mengukur), c) Designing (Merancang), d) Playing (Bermain), e) Locating (Menentukan Lokasi), f) Explanation (Menjelaskan). Hasil eksplorasi etnomatematika juga diimplementasikan dalam permasalahan kontekstual matematika pada tingkat SMP meliputi materi : Bangun Ruang Sisi Lengkung, Peluang, Perbandingan, Pola Bilangan, Aritmatika Sosial, Luas dan Keliling Segi empat.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2021 11:23
Last Modified: 18 Jul 2021 11:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11251

Actions (login required)

View Item View Item