PENGARUH TINGKAT KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 03 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

KHORIYAH, LILIS TSALISATUN (2021) PENGARUH TINGKAT KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 03 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi_LilisTsalisatun Khoriyah_23010170193_PAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui tingkat kepemimpinan partisipatif kepala madrasah di MTs Muhammadiyah 03 Purbalingga, 2) mengetahui kinerja guru di MTs Muhammadiyah 03 Purbalingga, 3) mengetahui pengaruh tingkat kepemimpinan partisipatif kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs Muhammadiyah 03 Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaf. Responden penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru di MTs Muhammadiyah 03 Purbalingga. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan cara melakukan uji regresi linear sederhana, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahap-tahap penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) Tingkat kepemimpinan partisipatif kepala madrasah di MTs Muhammadiyah 03 Purbalingga berada di kategori sedang. 2) Kinerja guru di MTs Muhammadiyah 03 Purbalingga berada di kategori sedang. 3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara tingkat kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru. Adapun besarnya pengaruh tingkat kepemimpinan partisipatif kepala madrasah terhadap kinerja guru sebesar 30,2%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jul 2021 13:24
Last Modified: 21 Jul 2021 06:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11262

Actions (login required)

View Item View Item