IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANISME DAN FILANTROPI PADA SISWA SMP DARUL FIKR ANDONG, KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Alfiyah, Siti (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANISME DAN FILANTROPI PADA SISWA SMP DARUL FIKR ANDONG, KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Siti Afiyah-PAI- 23010170171.pdf

Download (964kB)

Abstract

Alfiyah, Siti. 2021. Implementasi Pendidikan Humanisme dan Filantropi pada Siswa di SMP Darul Fikr Andong, Kabupaten Boyolali Tahun pelajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Suwardi, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan humanisme, Filantropi Penelitian ini bertujuan untuk ; 1) Mengetahui implementasi pendidikan humanisme pada siswa di SMP Darul Fikr Andong, 2) Mengetahui implementasi filantropi pada siswa di SMP Darul Fikr Andong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Responden penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan siswa . Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) implementasi pendidikan humanisme: a) untuk pengembangan potensi hati nurani yaitu melalui kegiatan membaca asmaul husna, tadarus Al-Qur’an, dan berangkat tepat waktu; b) pelaksanaan kejujuran melalui kegiatan ulangan, PTS dan UAS disitu guru bisa melihat siswa itu mencontek tidak saat mengerjakan ulangan, dan jika anak melakukan kesalahan juga dengan mengakui kesalahan yang dilakukan oleh anak; c) pelaksanaan kasih sayang melalui cara guru memberikan tugas yang bersifat kelompok kepada anak, dengan begitu anak akan merasa membutuhkan bantuan kerjasama dari teman atau kelompoknya; d) pelaksanaan sopan santun melalui guru melakukan pembiasaan bersalaman dan mengucap salam jika bertemu bapak ibu guru dan jika berbicara dengan bapak ibu guru menggunakan bahasa kromo; e) pelaksanaan perilaku amanah melalui guru memberikan tugas kepada anak ,dengan memberikan soft terapi pada anak dengan menitipkan uang kiriman orangtua pada temannya dan menyampaikan tugas yang diberikan oleh guru; f) pelaksanaan kemandirian melalui guru memberikan tugas kepada siswa secara mandiri, untuk anak yang di pondok harus melakukan segala sesuatu secara mandiri. 2) implementasi filantropi: a) kepedulian sosial melalui membantu teman yang sedang mengalami kesusahan atau jika ada teman yang sakit dibawa ke ruang kesehatan dan diambilkan obat; b) pelaksanaan cinta kepada sesama dengan cara menghargai orang lain atau tidak mengolok-olok temannya, dengan membentuk kelompok belajar dan berbagi dengan temannya, dan melakukan hubungan harmonis berupa pembiasaan berbicara dengan bahasa kromo alus; c) pelaksanaan membantu sesama melalui kegiatan yaitu infak setiap hari jumat dan bakti sosial seperti kegiatan galang dana atau bersih lingkungan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jul 2021 14:19
Last Modified: 01 Dec 2021 08:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11274

Actions (login required)

View Item View Item