Pola Asuh Orang Tua dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak tahun 2021

Nailufaz, Arun (2021) Pola Asuh Orang Tua dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak tahun 2021. [UNSPECIFIED]

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nailufaz, Arun 2021. Pola Asuh Orang Tua dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak tahun 2021. Skripsi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, dan Perkembangan Sosial Emosional Pengasuhan orang tua sangat penting bagi anak dan akan mempengaruhi kehidupan anak hingga ia dewasa, oleh sebab itu orang tua hendaknya memperhatikan pemilihan pola asuh yang tepat sehingga anak memiliki perilaku sosial dan emosional yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di Desa Karanganyar dan untuk imengetahui problematika pola asuh orang tua dalam perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian fenomeologis, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara orang tua, dan sumber data sekunder yang berupa foto wawancara dan profil desa, Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakanmanalisis Miles dan Hubermani dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola asuh orang tua berperan penting dalam perkembangan sosial emosional anak adalah bagaimana mereka membimbing dan mengarahkan anaknya hal yang baik, memberikan kesempatan kepada anak untuk mengungkapkan perasaannya, memberikan reward dan pujian ketika anak berbuat baik atau mendapat prestasi dikelasnya, orang tua memberikan batasan dan berdikusi segala keinginan anak, dan tidak lupa mengajarkan anak lebih sabar. Problematika yang iidihadapi orang tua dalam mengembangkan sosial emosional anak adalah anak yang suka membantah atau mengelak perkataan orang tua, anak yang suka memberontak jika keinginannya tidak dituruti, dan anak yang mengalami kesulitan ketika hendak belajar.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jul 2021 10:48
Last Modified: 24 Jul 2021 04:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11276

Actions (login required)

View Item View Item