HUBUNGAN MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) DENGAN KEMAMPUAN BERARGUMEN DAN KEAKTIFAN SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Alfina, Mia Rifqi (2021) HUBUNGAN MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) DENGAN KEMAMPUAN BERARGUMEN DAN KEAKTIFAN SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MASA PANDEMI COVID-19. [UNSPECIFIED]

[img] Text
MIA_RIFQI_ALFINA-T_IPA--23060170053.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Alfina, Mia Rifqi. 2021. Hubungan Model Argument Driven Inquiry (ADI) dengan Kemampuan Berargumen dan Keaktifan Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Masa Pandemi Covid-19 Kelas VII MTs Nurul Huda Rajekwesi Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muslimah Susilayati, M.Pd. Kata Kunci: Argument Driven Inquiry, Argumentasi, Keaktifan, Pencemaran Lingkungan, pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) dengan kemampuan berargumentasi dan keaktifan siswa pada materi pencemaran lingkungan di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuasi eksperimen. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen, dimana kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI). Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTs Nurul Huda Rajekwesi, sampel yang digunakan yaitu kelas VII A dan VII B dengan cara pengambilan sampling purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes esai dengan materi pencemaran lingkungan di masa pandemi Covid-19 dan lembar observasi keaktifan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif,uji Mann Whitney U Test dan uji korelasi Spearman Rank dengan menggunakan bantuan SPSS 22.0 for window. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil uji Mann Whitney U Test didapatkan hasil Zhitung 3,665 > 1,96 Karena nilai Zhitung lebih besar dari pada skor Ztabel maka Ho ditolak dan Ha diterima dan hasil Sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat dimaknai Ho ditolak. Hasil uji korelasi Spearman Rank mendapatkan nilai koefisien korelasi (sig.2-tailed) sebesar 0,012 dengan interval keyakinan (alpha) 0,05 untuk uji 2 sisi. Dengan signifikansi 0,012 < 0,05 Dapat diartikan bahwa Ho ditolak Ha diterima, sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berargumen siswa dengan penerapan model ADI. (2) hasil observasi menunjukkan presentase keaktifan siswa 85% pada kelas eksperimen dan 65% pada kelas kontrol yang mana kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran ADI lebih aktif dari pada kelas kontrol. Adanya Hubungan penggunaan ADI dengan kemampuan argumentasi dan keaktifan siswa ini karena pembelajaran dilakukan dengan tahapan identifikasi tugas, pengumpulan data, argumentasi tentatif, sesi argumentasi, penyusunan laporan penyelidikan, review laporan, revisi laporan, diskusi reflektif dan siswa dituntut untuk mencari informasi secara mandiri serta dituntut untuk berani mengutarakan pendapat. Dengan demikian, siswa tetap dapat mengikuti pembelajaran di masa pandemi Covid-19 dengan baik.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2021 14:40
Last Modified: 26 Jul 2021 07:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11288

Actions (login required)

View Item View Item