KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA SMP NEGERI 1 AMBARAWA PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING)

GURAMZIG, DUVAN (2021) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA SMP NEGERI 1 AMBARAWA PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Duvan Guramzig 23070160027.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kompetensi pedagogik yang dimiliki guru matematika dalam melaksanakan pembelajaran dalam jaringan (daring) SMP Negeri 1 Kec. Ambarawa Kab. Semarang Tahun 2020. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif. Informan dalam penelitian adalah guru matematika di SMP Negeri 1 Kec. Ambarawa Kab. Semarang yang berjumlah empat orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, kompetensi pedagogik keempat guru matematika SMP Negeri 1 Ambarawa pada pembelajaran dalam jaringan (daring) yaitu 1) Pada indikator mengenal karakteristik peserta didik dilakukan dengan mengamati kedisiplinan siswa dalam menyelesaikan tugas untuk mengidentifikasi disiplin atau tidaknya siswa. 2) Pada indikator menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dilakukan dengan menerapkan pembelajaran kognitif dan mengulang materi pada pembelajaran selanjutnya. 3) Pada indikator pengembangan kurikulum dilakukan dengan melakukan pembelajaran sesuai dengan silabus dan RPP yang dibuat. 4) Pada indikator kegiatan pembelajaran yang mendidik guru dilakukan dengan melakukan pembelajaran sesuai dengan RPP yang dibuat dan memanfaatkan teknologi informasi yang ada. 5) Pada indikator memahami dan mengembangkan potensi dilakukan dengan melakukan analisis hasil belajar dan meningkatkan minat belajar peserta didik. 6) Pada indikator komunikasi dengan peserta didik dilakukan dengan berkomunikasi melalui group whatsapp, serta untuk peserta didik yang tidak memiliki handphone guru datang ke rumah peserta didik seminggu sekali. 7) Pada indikator penilaian dan evaluasi dilakukan dengan mengamati hasil penilaian pengetahuan peserta didik dan ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas. Hasil tersebut didukung dengan hasil kuesioner yang telah dikonversikan dengan rata-rata dari keempat guru adalah 83,03%. Dapat disimpulkan bahwa Kompetensi Pedagogik Guru Matematika SMP Negeri 1 Ambarawa Pada Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) adalah masuk dalam kategori Tinggi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jul 2021 08:56
Last Modified: 27 Jul 2021 02:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11292

Actions (login required)

View Item View Item