STRATEGI INTERNALISASI NILAI-NILAI FIKIH WANITA DALAM BERPAKAIAN DI PONDOK PESANTREN MA’AHIDUL IRFAN SOROPATEN KEC. BANDONGAN KAB. MAGELANG TAHUN 2020

Rofiah, Nurun Nafisatur (2021) STRATEGI INTERNALISASI NILAI-NILAI FIKIH WANITA DALAM BERPAKAIAN DI PONDOK PESANTREN MA’AHIDUL IRFAN SOROPATEN KEC. BANDONGAN KAB. MAGELANG TAHUN 2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS N. NAFISATUR ROFIAH 12010170032 PDF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi internalisasi, tahap-tahap internalisasi dan nilai-nilai fikih wanita dalam berpakaian yang diinternalisasikan oleh pengasuh di Pondok Pesantren Ma‟ahidul Irfan. Metode penilitian ini adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan metode kualitatif. Responden penelitian ini adalah pengasuh dan pengurus pondok pesantren. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik untuk menguji keabsahan temuan yaitu teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, strategi internalisasi dilakukan melalui internalisasi secara langsung (ceramah, kajian al-qur‟an, kajian hadis dan kajian kitab) dan internalisasi secara tidak langsung (keteladanan, kedisiplinan dan pembiasaan). Kedua, langkah-langkah internalisasi terdiri dari tiga tahap yakni tahap transformasi nilai (bandungan), tahap transasksi nilai (balahan, sorogan dan hafalan), dan tahap transinternalisasi nilai (Batsul masail dan demonstrasi). Ketiga, nilai-nilai yang diinternalisasikan yaitu; memakai gamis (baju terusan) yang longgar, tidak menerawang dan sederhana baik dari segi motif maupun modelnya, menggunakan kerudung instan yang menutup dada beserta dalaman hijabnya, memakai celana panjang sebagai dobelan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jul 2021 09:04
Last Modified: 27 Jul 2021 02:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11293

Actions (login required)

View Item View Item