PERAN ORANG TUA DI DALAM PENGEMBANGAN EMOTIONAL INTELLIGENCE PADA REMAJA DUSUN PADAAN DESA GEDANGAN KEC.TUNTANG KAB.SEMARANG TAHUN 2020

, Esti Nur Faizah (2021) PERAN ORANG TUA DI DALAM PENGEMBANGAN EMOTIONAL INTELLIGENCE PADA REMAJA DUSUN PADAAN DESA GEDANGAN KEC.TUNTANG KAB.SEMARANG TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi (Esti Nur Faizah 23010160268).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan emotional intelligence (EI) remaja Dusun Padaan, peran orang tua dalam mengembangkan emotional intelligence (EI) remaja Dusun Padaan dan faktor yang mempengaruhi perkembangan emotional intelligence (EI) remaja Dusun Padaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dimana penelitian ini sumber data dan proses penelitiannya menggunakan lokasi tertentu. Penelitian ini berusaha mendiskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara dengan orang tua remaja Dusun Padaan. Sumber sekunder yakni hasil wawancara dengan anak remaja dan tokoh masyarakat Dusun Padaan. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Perkembangan emosi/ emotional intelligence remaja Dusun Padaan masih terlihat kurang stabil, hal itu dapat dilihat darikurangnya kemampuan remaja Dusun Padaan untuk mengelola emosi diri sendiri dan mengenali emosi orang lain, (2) Peran orang tua dalam mengembangkan emotional intelligence di Dusun Padaan juga masih terlihat kurang baik, sebab beberapa orang tua belum mengetahui dengan baik bagaimana peran yang harus mereka lakukan untuk mengembangkan EI (emotional intelligence) anak, sehingga perkembangan emosi anak belum terlaksana secara optimal dan maksima, (3) Faktor yang mempengaruhi peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak/ EI(emotional intelligence) anak di Dusun Padaan berasal dari dua sumber, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang mempengaruhi perkembangan EI anak yang berasal dari dalam diri orang tua, yaitu orang tua di Dusun Padaan masih belum mengetahui dengan jelas dan gamblang apa itu kecerdasan emosional, dan bagaimana peran yang seharusnya mereka lakukan. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri orang tua, faktor ini berasal dari lingkungan remaja Dusun Padaan. Di Dusun Padaan faktor ini terlihat dari lingkungan tempat tinggal remaja Padaan, teman maupun teman dekat remaja Padaan, dan faktor yang muncul akibat dari adanya kemajuan teknologi yang semakin canggih

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jul 2021 11:13
Last Modified: 27 Jul 2021 04:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11294

Actions (login required)

View Item View Item