KAJIAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP TRADISI UNGGAH-UNGGAHAN UNTUK MENENTUKAN ASPEK MATEMATIKA YANG DAPAT DITERAPKAN DALAM PEMBELAJARAN DI MTS N 1 KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES TAHUN 2021

safia, Olivia Delta (2021) KAJIAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP TRADISI UNGGAH-UNGGAHAN UNTUK MENENTUKAN ASPEK MATEMATIKA YANG DAPAT DITERAPKAN DALAM PEMBELAJARAN DI MTS N 1 KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES TAHUN 2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI OLIVIA LENGKAP.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui pelaksanaan kajian etnomatematika dalam tradisi unggah-unggahan di Desa Ketanggungan Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes tahun 2021 2) mengetahui aspek pembelajaran matematika apa sajakah yang terdapat dalam kajian etnomatematika terhadap tradisi unggah-unggahan di MTs N 1 Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes tahun 2021. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi simber data primer yaitu guru matematika dan tokoh masyarakat Ketanggungan, sumber data skunder yaitu kepala sekolah dan guru matematika di MTs N 1 Brebes. Adapun teknis pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tiga tahapan meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) bahwasannya jika manusia mempercayai pelaksanaan Tradisi Unggah-unggahan itu benar, maka pelaksanaan Tradisi Unggah-unggahan adalah benar. Dengan keyakinan dan kepercayaan manusia untuk melaksankana Tradisi Unggah- unggahan. Pelaksanaan Tradisi Unggah-unggahan di Desa Ketanggungan, Brebes adalah setiap tempat memiliki tata cara pelaksanaan yang sama, dilihat dari waktu, dan tempat serta jamuan dan tujuannya.. 2). hasil analisis aspek matematika yang terkandung pada tradisi unggah-ungghan diketahui bahwa tradisi unggah-unggahan mengandung aspek pembelajaran matematika yang mendasar dan dapat dikembangkan menjadi suatu konteks permasalahan pembelajaran siswa di sekolah. materi tingkat MTs yang dapat dikembangkan dari tradisi unggahunggahan tersebut antara lain: a. bilangan bulat dan pecahan b. statistika c. himpunan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jul 2021 12:09
Last Modified: 18 Aug 2021 03:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11301

Actions (login required)

View Item View Item