ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) YANG DISUSUN OLEH GURU IPA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 REVISI TAHUN 2020 DI MTs NEGERI SALATIGA

USFA, YAKHSYA JABBAR (2021) ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) YANG DISUSUN OLEH GURU IPA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 REVISI TAHUN 2020 DI MTs NEGERI SALATIGA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Yakhsya jabbar Usfa 23060160062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Usfa, Yakhsya Jabbar. 2021. Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh Guru IPA Berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2020 di MTs Negeri Salatiga. Skripsi, Salatiga: Progam Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anggun Zuhaida, M. Pd. Kata Kunci: RPP, Guru IPA, Kurikulum 2013 Revisi tahun 2020. Penyusunan ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi RPP yang disusun oleh guru IPA kelas VII dan VIII di sekolah MTs N Salatiga terhadap kurikulum 2013 revisi 2020 dan kesesuaian RPP yang disusun oleh guru IPA kelas VII dan VIII di sekolah MTs N Salatiga terhadap kurikulum 2013 revisi 2020. Penyusunan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan penyusunan ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Tahap-tahap dalam penyusunan meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data. Hasil dari penyusunan ini meyimpulkan bahwa (1) guru kelas VII dalam menyusun RPP telah sesuai dengan pedoman dari Kementerian Guruan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD), untuk guru kelas VIII dalam menyusun RPP kurang sesuai dengan pedoman dari Kementerian Guruan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD). Saat ini RPP yang telah di susun oleh guru IPA di MTs Negeri Salatiga di antaranya mencakup identitas sekolah, identitas mata pelajaran, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, materi pembelajaran, metode pembelajaran, model pembelajaran, media pembelajaran, sumber pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar, (2) kesesuaian RPP kurikulum 2013 revisi tahun 2020 terhadap penyusunan RPP yang dibuat oleh guru kelas VII telah sesuai dengan komponen yang terdapat di dalam pedoman RPP kurikulum 2013 revisi tahun 2020, sedangkan penyusunan RPP yang dibuat oleh guru kelas VIII terdapat beberapa yang tidak sesuai di antaranya belum mencantumkan sub materi yang diajarkan, tujuan pembelajaran belum mencantumkan model dan metode tetapi mencantumkan di dalam kegiatan pendahuluan, belum mencantumkan apresiasi dan motivasi, dan pada bagian kegiatan inti sudah lengkap tetapi belum memetakan bagian-bagian yang telah ditetapkan oleh Permendikbud.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu murni
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Aug 2021 09:03
Last Modified: 02 Aug 2021 03:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11316

Actions (login required)

View Item View Item