EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI SISTEM EKSRESI MTs. K.R.M. MARZUKI CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

, Iftita maulida (2021) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI SISTEM EKSRESI MTs. K.R.M. MARZUKI CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Iftita Maulida 23060170054.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Maulida, Iftita. 2021. Efektivitas Penggunaan Media Wordwall Dengan Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Sistem Eksresi MTs. K.R.M. Marzuki Cepogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: efektifitas; media wordwall; discovery learning; hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan media wordwall dengan penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem eksresi kelas VIII MTs. K.R.M. Marzuki Cepogo tahun pelajaran 2020/2021. (2) mengetahui efektifitas penggunaan media wordwall dengan penerapan model pembelajaran discovery learningterhadap hasil belajar siswa pada materi sistem eksresi kelas VIII MTs. K.R.M. Marzuki Cepogo tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatifquasi experiment (nonequivalent control group design. Penelitian yang dilakukan melibatkan dua kelas, kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. K.R.M. Marzuki Cepogo, dan diambil dua sampel yaitu kelas VIII A dan VIII B dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Kelas yang menjadi kelas kontrol adalah kelas VIII B sedangkan yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas VIII A. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas yaitu penggunaan media wordwall dengan penerapan model pembelajaran discovery learning,dan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen soal yang diuji keabsahannya dengan uji validitas, uji reabilitas, uji tingkat kesukaran soal, dan daya beda soal. Metode pengambilan data dari penelitian ini dilakukan dengan pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji T-testdengan program SPSS yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan media wordwall termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase untuk nilai sedang 15% nilai tinggi 45%, dan nilai sangat tinggi 40% dengan nilai rata-rata 80. Kemudian dari hasil uji t-test diketahui hasil thitung(-6.179) dan ttabel (-1.672). Dikarenakan skor thitung = -6.179 merupakan skor mutlak, maka thitung> ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai signifikansi (0,000) < 0,05 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media wordwalldengan penerapan model discoverylearning efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII di MTs. K.R.M. Marzuki Cepogo tahun pelajaran 2020/2021 pada materi sistem eksresi manusia.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Aug 2021 14:14
Last Modified: 02 Aug 2021 14:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11323

Actions (login required)

View Item View Item