PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PEMENTASAN WAYANG KULIT SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi pada Lakon “Kresna Gugah” oleh Dalang Ki Hartanto pada Juli 2019)

'UN, LAKNA TULAS (2021) PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PEMENTASAN WAYANG KULIT SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi pada Lakon “Kresna Gugah” oleh Dalang Ki Hartanto pada Juli 2019). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Print Skripsi LAKNA kurng edit.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tulas ‘Un, Lakna. 2020. Persepsi Masyarakat tentang Pementasan Wayang Kulit sebagai Media Dakwah (Studi pada Lakon “Kresna Gugah” oleh Dalang Ki Hartanto pada Juli 2019). Skripsi Fakultas Dakwah Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dra. Hj. Maryatin, M. Pd. Kata Kunci : persepsi masyarakat, wayang kulit, media dakwah. Latar belakang masalah : banyaknya umat Islam yang sengaja maupun tidak sengaja, kurang berpegang teguh pada Qur`an dan Hadis. Maka perlu diingatkan melalui kegiatan dakwah, dakwah Islam merupakan amanah suci untuk merubah akhlak manusia kembali ke ajaran Qur`an dan Hadis, sejarah di Tanah Jawa membuktikan bahwa dakwah yang efektif adalah melalui media di antaranya pementasan wayang kulit. Penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah sebagai berikut : 1.) Pesan dakwah dalam pementasan wayang kulit pada lakon Kresna Gugah oleh Dalang Ki Hartanto Juli 2019. 2.) Bagaimana persepsi masyarakat khususnya para penonton tentang pesan dakwah dalam pementasan wayang kulit oleh Dalang Ki Hartanto Juli 2019. 3.) Apa faktor pendukung dan penghambat pementasan wayang kulit sebagai media dakwah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan terhadap responden. Sedangkan sumber data primer berasal dari hasil pengamatan dan wawancara. Sumber data sekunder : hasil pementasan wayang kulit dengan lakon Kresna Gugah oleh Dalang Ki Hartanto dalam bentuk CD atau Flashdisk. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif naturalistik melalui : 1.) reduksi data, 2.) sajian data, dan 3.) penarikan kesimpulan / verifikasi. Pesan dakwah yang meliputi ajakan untuk selalu bersyukur yaitu ajakan untuk bersilahturohmi, untuk tidak meninggalkan sholat dan ajakan untuk bersedekah. Sedangkan persepsi / respon masyarakat : sangat bagus karena ajakan untuk kebaikan serta ajakan untuk mengamalkan ajaran agama yaitu hidup selalu bersyukur, bersilahturahmi, sholat dan bersedekah. Kemudian faktor pendukung meliputi : partisipasi masyarakat dengan iuran sukarela, penggarapnya yang meliputi dalang, pengrawit, sinden, pelawak serta pembantu dalang, sarana dan prasarana yang meliputi seperangkat soun system, gamelan dan tempat yang strategis, penonton yang setia untuk melihat sampai selesai. Sedangkan faktor penghambat : publikasi yang kurang untuk ke luar desa, pendanaan yang terbatas, kecintaan seni wayang kulit menurun khususnya bagi kalangan anak muda.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Aug 2021 12:21
Last Modified: 23 Dec 2021 08:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11330

Actions (login required)

View Item View Item