PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS HTML 5 (Hypertext Markup Language version 5) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA

Namira, Devia (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS HTML 5 (Hypertext Markup Language version 5) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
12020190040 - DEVIA NAMIRA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan fasilitas sekolah sebagai media pembelajaran seperti proyektor, sound dan lain sebagainya; siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang tekstual; rendahnya hasil belajar IPA materi gaya dan kurangnya inovasi media pembelajaran di MI Ma’arif Bandungrejo yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi. Metode penelitian media pembelajaran ini menggunakan metode langkah-langkah pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE meliputi 1) Analysis merupakan tahap mengidentifikasi permasalahan, 2) Design and Development merupakan tahap media pembelajaran mulai dirancang dan dikembangkan, 3) Implementation merupakan tahap melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan/menerapkan produk media pembelajaran yang dikembangkan dan 4) Evaluation meliputi validasi ahli materi dan ahli media pembelajaran serta uji coba kepada siswa. Jumlah subyek penelitian adalah 20 siswa dengan rincian 5 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 20 siswa untuk uji coba kelompok besar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Jenis instrumen yang digunakan menggunakan angket, lembar validasi para ahli, catatan wawancara dan kamera digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis HTML 5 (Hypertext Markup Language version 5) dibutuhkan guru dan siswa. Media tersebut termasuk dalam kategori layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran ini dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media dengan perolehan hasil penilaian 61 dengan persentase 90% dari ahli materi, sedangkan dari ahli media memperoleh hasil penilaian 48 dengan persentase 80%. Hasil pengembangan media pembelajaran ini juga dinyatakan sangat efektif berdasarkan uji efektivitas dengan hasil peningkatan hasil belajar sebesar 36,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Aug 2021 09:45
Last Modified: 09 Aug 2021 02:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11345

Actions (login required)

View Item View Item