KAJIAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP PERMAINAN MERIAM SPIRTUS DALAM RANGKA PENENTUAN ASPEK-ASPEK MATEMATIS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MATERI PELAJARAN MATEMATIKA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

'ulya, mustagh firotul (2021) KAJIAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP PERMAINAN MERIAM SPIRTUS DALAM RANGKA PENENTUAN ASPEK-ASPEK MATEMATIS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MATERI PELAJARAN MATEMATIKA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Mustaghfirotul 'ulya_23070170041.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: entomatematika; meriam spirtus; pembelajaran matematika Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui aspek-aspek matematika yang terdapat dalam permainan meriam spirtus. (2) untuk mengetahui implementasi dari aspek-aspek matematika yang terdapat dalam permainan meriam spirtus pada pembelajaran matematika SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Objek untuk penelitian ini adalah permainan meriam spirtus dan anak-anak yang sedang memainkan meriam spirtus di Dusun Kalijali, Desa Tegalwaton, Kec. Tengaran, Kab. Semarang. Pengumpulan data diperoleh dengan melakukan observasi kepada anak-anak yang sedang bermain dan wawancara yang dilakukan kepada salah seorang yang memiliki pengetahuan mengenai meriam spirtus. Data dianalisis kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi data dan pengecekan sejawat oleh seorang ahli di bidang pendidikan matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aspek-aspek matematis didalam permainan meriam spirtus. Diantaranya, aspek counting ketika menghitung semprotan spirtus, aspek locating dalam menentukan jarak lontaran, aspek measuring pada pembuatan tabung meriam, aspek designing ketika menghias meriam, aspek playing saat bermain, dan aspek explaining ketika membuat tabung meriam. Dari keenam aspek tersebut memiliki ketarkaitan dengan beberapa materi pembelajaran matematika di bangku sekolah. Diantaranya aspek counting pada materi Bilangan kelas VII, aspek locating dan measuring pada materi Perbandingan kelas VII, aspek designing pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung kelas IX, aspek playing pada materi Peluang kelas VIII, dan aspek explaining pada materi Kesebangunan kelas IX. Implementasi dari keterkaitan masing-masing aspek yang ada diaplikasikan dalam bentuk soal HOTS.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Aug 2021 19:28
Last Modified: 09 Aug 2021 19:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11348

Actions (login required)

View Item View Item