PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS VIII B MTS SUDIRMAN BANTAL KECAMATAN BANCAK KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

muthoharoh, zahra (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS VIII B MTS SUDIRMAN BANTAL KECAMATAN BANCAK KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muthoharoh, Zahra. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas VIIIB MTs Sudirman Bantal Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, IAIN Salatiga : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing: Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Contextual Teaching And Learning Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas VIII B MTs Sudirman Bantal Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2020/ 2021. Subyek yang diteliti terdiri dari 10 perempuan dan 5 laki-laki. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang telah terlaksanakan dengan dua siklus.Masing- masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi dan tes.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan membandingkan pencapaian nilai siswa dengan nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditentukan sekolah yaitu 70 dan kriteria ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya sebesar 85%. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam dua siklus dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B di MTs Sudirman Bantal Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Diperoleh peningkatan hasil belajar pada siklus 1, terdapat 8 siswa atau 53,33 % siswa sudah tuntas dan 7 siswa atau 46,66 % siswa belum tuntas, pada siklus 1 diperoleh rata- rata 74, 66. Pada siklus 2 terdapat 13 siswa atau 86,66 % siswa sudah tuntas dan 2 siswa atau 13,.33% siswa belum tuntas, pada siklus 2 diperoleh rata- rata 76,66. Dari data tersebut bahwa penelitian tindakan kelas dinyatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B dalam menerapkan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di MTs Sudirman Bantal Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Aug 2021 11:43
Last Modified: 12 Aug 2021 11:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11363

Actions (login required)

View Item View Item