PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS DAN RESILIENSI SANTRI PONDOK PESANTREN AL-FALAH KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG PADA TAHUN AJARAN 2021

CHOLIFAH, NOR (2021) PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS DAN RESILIENSI SANTRI PONDOK PESANTREN AL-FALAH KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG PADA TAHUN AJARAN 2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pembinaan karakter religius dan resiliensi santri Pondok Pesantren Al- Falah pada tahun ajaran 2021. (2) Untuk mengetahui mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembinaan karakter religius dan resiliensi santri Pondok Pesantren Al-Falah pada tahun ajaran 2021. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi sumber data primer yakni wawancara dengan pengasuh, dan santri di Pondok Pesantren Al-Falah Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang sedangkan data sekunder berupa foto-foto hasil observasi dan dokumen atau berkas dari pondok pesantren Al-Falah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data penulis menggunakan triangulasi sumber data dan metode. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Pembinaan karakter religius santri Pondok Pesantren Al-Falah Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang meliputi keteladanan, motivasi, dan pembiasaan. Berupa program harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Sedangkan resiliensi berupa pembiasaan regulasi emosi, pencapaian, dan bersikap mandiri. (2) Faktor pendukung dan penghambat pembinaan karakter religius dan resiliensi pada santri di Pondok Pesantren Al-Falah. Faktor pendukung meliputi faktor internal yaitu keadaan fisik dan psikologis santri yang semangat, faktor pendidik dan orang tua. Sementara faktor penghambat meliputi fakrot internal, faktor eksternal santri, dan sarana prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Aug 2021 13:47
Last Modified: 12 Aug 2021 13:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11367

Actions (login required)

View Item View Item