IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KONTEKTUAL MATERI KETERAMPILAN MENULIS TEKS NONFIKSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD N 2 DESA KUWARON KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN

APRIYANI, AYUK RIZKY (2021) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KONTEKTUAL MATERI KETERAMPILAN MENULIS TEKS NONFIKSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD N 2 DESA KUWARON KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran kontekstual pada materi menulis teks nonfiksi di SD 2 Kuwaron, (2) untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks nonfiksi siwa kelas V di SD 2 Kuwaron dan (3) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode pembelajaran kontekstual pada materi keterampilan menulis teks nonfiksi di SD 2 Kuwaron. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Keabsahan data diperoleh melalui trianggulasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) guru kelas V di SD N 2 Kuwaron sudah menggunakan metode kontekstual untuk menyampaikan materi pembelajaran, guru kelas V SD N 2 Kuwaron punya cara tersendiri untuk mengimplementaasikan metode kontekstual yaitu dengan mengkolaborasikan metode kontekstual dengan beberapa metode yang lainnya seperti ceramah,tanya jawab, diskusi dan yang lainnya,cara guru dalam mengimplementasikan metode kontekstual dengan cara tersebut membuat siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat selama pembelajaran,(2) keterampilan menulis karya tulis siswa kelas V SD N 2 Kuwaron sangat beragam dan bervariasi, sudah ada dalam karya tulis siswa aspek-aspek dasar yang harus dikuasi siswa pada keterampilan menulis yaitu aspek isi atau gagasan, organisasi isi, tata bahasa, ejaan serta tata tulis dan (3) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode pembelajaran kontekstual pada materi keterampilan menulis teks nonfiksi pada siswa kelas V di SD 2 Kuwaron yaitu berasal dari faktor internal dan juga eksternal. Adapun yang berasal dari faktor internal adalah pengetahuan, pengalaman membaca siswa dan pengalaman siswa mengenai berbagai macam kearifan lokal disekitarnya. Sedangkan yang berasal dari faktor eksternal adalah alat peraga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Aug 2021 09:06
Last Modified: 13 Aug 2021 09:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11372

Actions (login required)

View Item View Item