IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK DAN PERILAKU IHSAN PADA JAMA’AH MUSLIMAT NU DI DESA TANON KECAMATAN TANON KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2021

Sulistyowati, Ima (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK DAN PERILAKU IHSAN PADA JAMA’AH MUSLIMAT NU DI DESA TANON KECAMATAN TANON KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1. Implementasi Pendidikan Profetik dan Perilaku Ihsan pada Jama’ah Muslimat NU di Desa Tanon Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun 2021, 2. Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Implementasi Pendidikan Profetik dan Perilaku Ihsan pada Jama’ah Muslimat NU di Desa Tanon Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan data sekunder, adapun sumber data primer yaitu hasil dari wawancara serta juga dari observasi, sedangkan sumber data sekunder yaitu berasal dari buku serta bahan pustaka lainnya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1. Implementasi pendidikan profetik dan perilaku ihsan pada jama’ah Muslimat NU di Desa Tanon diterapkan dengan pembiasaan dan keteladanan, penanaman nilai-nilai kenabian dan perilaku ihsan pada jama’ah Muslimat NU di Desa Tanon ini melalui majelis taklim sebagai wadah para jama’ah untuk melaksanakan kegiatan pengajian sehingga para jama’ah memperoleh materi dan metode yang diajarkan sesuai dengan nilai-nilai kenabian. Hasil dari implementasi pendidikan dan perilaku ihsan ini mampu membangun dan membentuk akhlak dan moral para jama’ah menjadi lebih baik sesuai yang diajarkan Rasulullah. 2. Terdapat beberapa faktor pendukung dan juga faktor penghambat dalam implementasi pendidikan profetik dan perilaku ihsan pada jama’ah Muslimat NU di Desa Tanon, diantaranya: a. Faktor Pendukung, meliputi: Faktor dari diri sendiri,Lingkungan, Keinginan untuk berbuat baik kepada sesama karena niat lillahita’ala, Adanya sarana yang memadai, Faktor lainnya ialah karena mempunyai harta benda. b. Adapun faktor penghambatnya, diantaranya yaitu: Masih minimnya pengetahuan dan hasanah keislaman yang dimiliki masyarakat dan para jama’ah, Masih kurangnya keistiqomahan dan masih lalainya para jama’ah dalam melaksanakan sunah-sunah Rasulullah, Masih adanya rasa malas yang terkadang timbul pada diri para jama’ah, dan Faktor penghambat lainnya yaitu tidak mempunyai harta benda.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Aug 2021 08:07
Last Modified: 18 Aug 2021 08:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11393

Actions (login required)

View Item View Item