MANAJEMEN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MA'ARIF KUMPULREJO 02 SALATIGA TAHUN 2019/2020

SAPUTRI, YESINTA AYU (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MA'ARIF KUMPULREJO 02 SALATIGA TAHUN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Revisi_Skripsi_Yesinta[1].pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19 di MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Salatiga, kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19 di MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskritif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara kepala sekolah, guru dan siswa,sedangkan sumber data sekunder yakni data peserta didik, RPP dan dokumen lainnya.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) manajemen pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19 di MI Ma’arif Kumpulrejo 02 terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan evaluasi pembelajaran jarak jauh. Pada tahap perencanaan pembelajaran, guru menyusun RPP dari silabus yang telah ada. Tahap pelaksanaan, guru membuat metode melalui video yang berisikan materi, untuk mempermudah penyampaian materi guru membuat group whatshaap, guru mengirim satu atau dua tugas kemudian siswa mengerjakan atau mengumpulkan tugasnya dengan batas waktu maksimal malam. Pengorganisasian dalam pembelajaran diserahkan semua pada wali kelas masing-masing. Tahap pengawasan, guru melakukan pengawasan pada siswa dengan cara absensi foto dan pengawasan dalam mengumpulkan tugas. Di MI Ma’arif Kumpulrejo 02 guru dan Kepala Sekolah setiap bulan mengadakan rapat koordinasi. Tahap evaluasi, guru dalam mengevaluasi pembelajaran jarak jauh penilaiannya bukan dari hasil siswa akan tetapi dari kerutinan siswa mengumpulkan tugas. 2) Kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yaitu akses internet yang masih minim, siswa yang tidak mempunyai HP, SDM wali murid siswa yang masih rendah, keefektifan waktu dalam menyampaikan materi sangat terbatas.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Aug 2021 10:39
Last Modified: 18 Aug 2021 10:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11396

Actions (login required)

View Item View Item