PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS 1 DI MI THOLABIYAH TEGARON, BANYUBIRU, SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Tiyas, Weni Nuraning (2021) PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS 1 DI MI THOLABIYAH TEGARON, BANYUBIRU, SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tiyas, Weni Nuraning. 2021. Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Kelas 1 di MI Tholabiyah Tegaron Banyubiru Semarang Tahun Pembelajaran 2020/2021. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Bapak Prof. Dr. Winarno, S.Si., M. Pd. Kata Kunci: Peran Orang tua, pembelajaran daring Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pembelajaran daring kelas 1, serta untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi orang tua dalam proses pembelajaran daring di MI Tholabiyah Tegaron Banyubiru Semarang Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitaif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas 1 dan orang tua siswa. Teknik dalam pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dilakukan wawancara kepada beberapa orang tua siswa kelas 1. Teknik analisis yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran daring kelas 1 di MI Tholabiyah Tegaron yaitu orang tua menjalankan 2 peranan sekaligus pertama menjadi orang tua dan berperan menjadi guru di rumah, memberikan semangat dan motivasi serta menyediakan fasilitas yang memadahi. Kesulitan yang di hadapi orang tua dalam pembelajaran daring di MI Tholabiyah yaitu latar belakang orang tua, tingkat ekonomi, jenis pekerjaan orang tua, waktu yang tersedia, dan kesulitan dalam menumbuhkan minat belajar anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Aug 2021 09:19
Last Modified: 20 Aug 2021 09:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11407

Actions (login required)

View Item View Item