ANALISIS INTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MATA PELAJARAN IPA DITINJAU DARI PENGETAHUAN DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 5 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

WAHYUNING, SRI (2021) ANALISIS INTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MATA PELAJARAN IPA DITINJAU DARI PENGETAHUAN DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 5 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SRI WAHYUNING 23060170090 .pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui desain integrasi pendidikan lingkungan hidup di SMP Negeri 5 Salatiga, 2) Mengetahui pelaksanaan integrasi pendidikan lingkungan hidup dalam mata pelajaran IPA di SMP Negeri 5 Salatiga, 3) Mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan integrasi pendidikan lingkungan hidup dalam mata pelajaran IPA di SMP Negeri 5 Salatiga. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Sedangkan analisis data dengan menggunakan tiga tahap yaitu 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Desain integrasi pendidikan lingkungan hidup di SMP Negeri 5 Salatiga terdiri dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Pelaksanaan integrasi pendidikan lingkungan hidup dalam mata pelajaran IPA tertuang dalam KTSP, silabus, dan RPP. Selain itu juga dilaksanakan melalui program pembiasaan dan keteladanan.3) Keberhasilan integrasi pendidikan lingkungan hidup dalam mata pelajaran IPA ditunjukkan dengan indikator sebagai berikut : (a) Dari 60 siswa kelas IX SMP Negeri 5 Salatiga sebanyak 92 % siswa mengetahui pengertian lingkungan hidup, 95% mengetahui permasalahan lingkungan di sekitar tempat tinggal, 80% mengetahui permasalahan lingkungan di Indonesia, 75% mengetahui cara mengatasi permasalahan lingkungan yang telah disebutkan, 100 % mengetahui jenis sampah, 83,3% mengetahui nama tanaman di sekolah, 60 % siswa mengetahui cara pembuatan pupuk kompos, dan ≥ 80% siswa memiliki sikap peduli lingkungan sesuai indikator diantaranya cara menjaga dan melestarikan lingkungan, kepedulian dengan kondisi lingkungan sekitar, mengikuti kegiatan pelestarian lingkungan, dan melakukan kegiatan pelestarian lingkungan dalam kehidupan sehari – hari. (b) Kondisi sekolah yang bersih, asri, dan nyaman. (c) Penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi tahun 2020

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Sep 2021 21:18
Last Modified: 01 Sep 2021 14:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11434

Actions (login required)

View Item View Item