PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PBL BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI PADA SISWA KELAS VIII MTS SUDIRMAN BANTAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Khoirunnisa, Nada (2021) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PBL BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI PADA SISWA KELAS VIII MTS SUDIRMAN BANTAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Nada Khoirunnisa 23060170025 FIX.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Nada Khoirunnisa 23060170025 FIX.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran PBL berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas VIII MTs Sudirman Bantal Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen menggunakan desain control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Kelas VIIIA sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen diterapkan pembelajaran PBL Berbasis STEM. Metode pengumpulan data menggunakan tes, sedangkan instrumen menggunakan soal pilihan ganda dan non tes berupa lembar observasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran PBL Berbasis STEM memberikan pengaruh positif terhadap proses dan hasil belajar siswa. hal tersebut dapat dilihat pada hasil nilai rata – rata pretest dan posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 44,3 mengalami peningkatan menjadi 80. Pada hasil observasi kelas eksperimen mendapat skor yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Rata – rata skor yang diperoleh kelas kontrol sebesar 2,74 sedangkan rata – rata skor kelas eksperimen sebesar 3,17. Hal ini membuktikan bahwa penerapan PBL Berbasis STEM berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang kuat dengan nilai signifikansi sebesar 0,811 untuk X1 (PBL berbasis STEM) terhadap Y1 (kemampuan berpikir kritis) dan 0,869 untuk X1 (PBL berbasis STEM) terhadap Y2 (hasil belajar). Hasil uji regresi linier sederhana diperoleh persamaan = 50,424+0,648X untuk X1 terhadap Y1 dengan koefisien determinasi sebesar 65,8% dan =48,480+0,711X untuk X1 terhadap Y2 dengan koefisien korelasi sebesar 75,5%. Dengan demikian maka pada hipotesis pertama maupun hipotesis kedua Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, penerapan pembelajaran PBL Berbasis STEM berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan juga berpengaruh terhadap hasil belajar IPA materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari – hari pada siswa kelas VIII MTs Sudirman Bantal Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Sep 2021 16:25
Last Modified: 03 Sep 2021 09:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11439

Actions (login required)

View Item View Item