PENDAMPINGAN ORANGTUA DALAM KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS 1 MIN 4 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

rahma, Navida noor (2021) PENDAMPINGAN ORANGTUA DALAM KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS 1 MIN 4 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI_NAVIDA NOOR RAHMA 23040170168.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendampingan orangtua dalam keterampilan membaca dan menulis siswa kelas I MIN 4 Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Fokus penelitian ini meliputi : (1) Bagaimana pendampingan orangtua dalam keterampilan membaca dan menulis siswa kelas 1 MIN 4 Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) Mengetahui problematika pendampingan orangtua dalam keterampilan membaca dan menulis siswa kelas 1 MIN 4 Semarang tahun pelajaran 2020/2021 dan solusinya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan sekunder. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa pendampingan orangtua dalam keterampilan membaca dan menulis siswa kelas 1 MIN 4 Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021, dilakukan dengan waktu yang terstruktur yaitu setiap hari, menggunakan media yang tepat, memenuhi fasilitas belajar, selalu memberikan motivasi semangat belajar, menggunakan metode yang sesuai dengan keaadan dan karakteristik anak, memuji anak dengan cara yang benar serta memberi nasihat kepada anak ketika melakukan kesalahan dapat menjadikan anak terampil dalam membaca dan menulis. Problematika yang terjadi yaitu anak malas dalam belajar solusinya yaitu memberi motivasi semangat belajar kepada anak dengan kata-kata yang mudah dipahami, mudah diingat anak dan memberikan reward pada anak atas apa yang ia capai. Untuk anak yang belum memiliki keterampilan membaca dan menulis solusinya guru memberikan pendampingan khusus pada saat jam istirahat dan jam pulang sekolah serta orangtua dapat memberikan jam belajar tambahan seperti les membaca dan menulis.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2021 09:54
Last Modified: 13 Sep 2021 01:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11456

Actions (login required)

View Item View Item