TESIS HUBUNGAN KECAKAPAN GURU MENGELOLA DARING, KEMAMPUAN BERINOVASI DAN DUKUNGAN ORANGTUA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN KARANGJATI 04 KEC. BERGAS, KAB. SEMARANG TAHUN 2021

NAWAWI, ZEIN (2021) TESIS HUBUNGAN KECAKAPAN GURU MENGELOLA DARING, KEMAMPUAN BERINOVASI DAN DUKUNGAN ORANGTUA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN KARANGJATI 04 KEC. BERGAS, KAB. SEMARANG TAHUN 2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ZEIN NAWAWI_TESIS_12010190017.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Kecakapan Guru Mengelola Daring, Kemampuan Berinovasi Dan Dukungan Orangtua dengan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Karangjati 04 Kec. Bergas, Kab. Semarang Tahun 2021.Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Pembimbing Dr. Ruwandi, MA. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menemukan dan menganalisis hubungan antara kecakapan guru mengelola daring dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas V di SDN Karangjati 04. (2) Menemukan dan menganalisis hubungan antara kemampuan berinovasi guru dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas V di SDN Karangjati 04 (3) Menemukan dan menganalisis hubungan antara dukungan orangtua terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas V di SDN Karangjati 04. (4)Menemukan dan menganalisis hubungan antara kecakapan guru dalam mengelola pembelajaran daring dan kemampuan berinovasi dengan minat belajar siswa melalui dukungan orangtua sebagai variabel intervening pada siswa kelas V di SDN Karangjati 04. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan sampel sebanyak 30 siswa. Variabel yang diteliti meliputi Kecakapan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Daring, Kemampuan Berinovasi, Dukungan Orangtua dan Minat Belajar. Metode pengumpulan data melalui angket, analisis data menggunakan analisis statistik dengan analisis uji regresi ganda, dan analisis jalur dan uji sobel serta diperkuat dengan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian di SDN Karangjati 04 Kec. Bergas, Kab. Semarang menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada hubungan yang signifikan antara kecakapan guru mengelola daring dengan minat belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran PAI di SDN Karangjati 04. Hal ini karena diketahui korelasi antara variabel KG dengan variabel MB memiliki nilai t hitung lebih kecil dengan nilai t tabel (0,175 < 1,697) atau nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,862 > 0,05. (2) Tidak ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berinovasi dengan minat belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran PAI di SDN Karangjati 04. Hal ini karena diketahui korelasi antara variabel KB dengan variabel MB memiliki nilai t hitung lebih kecil dengan nilai t tabel (0,813 < 1,697) atau nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,424 > 0,05. (3) Tidak ada hubungan yang signifikan antara dukungan orangtua dengan minat belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran PAI di SDN Karangjati 04. Hal ini karena diketahui korelasi antara variabel DO dengan variabel MB memiliki nilai t hitung lebih kecil dengan nilai t tabel (1,494 < 1,697) atau nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,147 > 0,05. (4) Tidak ada hubungan yang signifikan antara kecakapan guru dalam mengelola pembelajaran daring dan kemampuan berinovasi terhadap minat belajar siswa dengan dukungan orangtua sebagai variabel intervening. Hal ini karena nilai hubungan langsung anatara kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran daring sebesar 0,039 dan hubungan tidak langsung dengan melalaui mediasi dukungan orangtua sebesar 0,0380 yang berarti bahwa nilai hubungan tidak langsung lebih kecil dibandingkan dengan nilai hubungan langsung dan nilai signifikansinya adalah 0,862 lebih dari 0,050. Kata Kunci : Kecakapan Guru Mengelola Daring, Kemampuan Berinovasi, Dukungan Orangtua dan Minat Belajar. ABSTRACT The Relationship of Teacher Skills In Managing Online Learning, The Ability To Innovate And Support Parents With Student Interest In Class V SDN Karangjati 04 Kec. Bergas, Kab. Semarang in 2021. Thesis of Islamic Religious Education Study Program (PAI), Postgraduate Program, Salatiga State Islamic Institute, Advisor, Dr. Ruwandi, MA. This study aims to: (1) Find and analyze the relationship between teacher skills in managing online learning and student interest in student learning in PAI class V at SDN Karangjati 04. (2) Find and analyze the relationship between teachers' ability to innovate and student interest in learning at PAI class V subjects at SDN Karangjati 04 (3) Finding and analyzing the relationship between parental support and student interest in learning in the fifth grade Islamic Education subject at SDN Karangjati 04. (4) Finding and analyzing the relationship between teacher skills in managing online learning and the ability to innovate with an interest in learning Islamic education through parental support as an intervening variable in grade V students at SDN Karangjati 04. This type of research uses quantitative research, with a sample of 30 students. The variables studied included Teacher Skills in Managing Online Learning, Innovative Ability, Parental Support and Learning Interest. Methods of data collection through questionnaires, data analysis using statistical analysis with multiple regression analysis, and path analysis and single test and reinforced by classical assumption test. Based on the results of research at SDN Karangjati 04 Kec. Bergas, Kab. Semarang shows that: (1) There is no significant relationship between teacher skills in managing online learning and grade 5 students' learning interest in Islamic Education at SDN Karangjati 04.This is because it is known that the correlation between the KG variable and the MB variable has a higher t value. small with t table value (0.175 <1.697) or the Sig. (2-tailed) of 0.862> 0.05. (2) There is no significant relationship between the ability to innovate and the students' interest in learning in grade 5 in Islamic Education subjects at SDN Karangjati 04. This is because it is known that the correlation between the family planning variable and the MB variable has a smaller t value with a t table value (0.813 < 1.697) or the Sig. (2-tailed) of 0.424> 0.05. (3) There is no significant relationship between parental support and the learning interest of grade 5 students in Islamic education at SDN Karangjati 04. This is because it is known that the correlation between DO variable and MB variable has a smaller t value with a t table value (1.494 <1.697) or the Sig. (2-tailed) 0.147> 0.05. (4) There is no significant relationship between teacher skills in managing online learning and the ability to innovate on student interest in learning with parental support as an intervening variable. This is because the value of the direct relationship between the teacher's ability to manage online learning is 0.039 and the indirect relationship through mediation of parental support is 0.0380, which means that the value of the indirect relationship is smaller than the value of the direct relationship and the significance value is 0.862 more than 0.050. Keywords: Teacher Skills in Managing Online Learning, Innovative Ability, Parental Support and Learning Interest.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2021 10:58
Last Modified: 13 Sep 2021 10:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11459

Actions (login required)

View Item View Item