Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Menggunakan Media Plastisin pada Siswa Kelas III MI Al Ma’arif Gondanglegi Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun 2021

Permadi, Sulistyo (2021) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Menggunakan Media Plastisin pada Siswa Kelas III MI Al Ma’arif Gondanglegi Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun 2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Sulistyo Permadi 11514079.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Permadi, Sulistyo. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Menggunakan Media Plastisin pada Siswa Kelas III MI Al Ma’arif Gondanglegi Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun 2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing : Hesti Ariestina, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Hasil belajar matematika; media plastisin Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta untuk mencapai target kriteria ketuntasan belajar matematika materi pecahan sederhana pada siswa kelas III MI Al Ma’arif Gondanglegi Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali. Dalam penelitian ini pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran berupa plastisin. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, pengamatan dan dokumentasi. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 05 April 2021 dan siklus II pada tanggal 12 April 2021. Subyek dari penelitian ini adalah kelas III MI Al Ma’arif Gondanglegi Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali dengan jumlah siswa 22 orang siswa yaitu 8 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis (isian singkat), lembar observasi guru dan siswa, serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan nilai hasil belajar tiap siklus yang berpatokan pada KKM MI Al Ma’arif Gondanglegi yakni 60 dengan Ketuntasan Klasikal yakni 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media plastisin dapat meningkatkan hasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan sederhana. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menggunakan media plastisin 13 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM, selanjutnya pada siklus I siswa yang tuntas ada 16 siswa dengan persentase ketuntatasan 72,73%. Pada siklus II siswa yang tuntas bertambah menjadi 20 siswa dengan persentase ketuntasannya 90,91% (meningkat 18,18% dari siklus I). Kriteria ketuntasan belajar yang diharapkan peneliti tercapai pada siklus II dengan persentase 90,91% sehingga sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar secara klasikal yaitu ≥85% dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2021 01:39
Last Modified: 14 Sep 2021 18:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11463

Actions (login required)

View Item View Item