Tinjauan Hukum Islam dan UU Perlindungan Konsumen Terhadap Praktik Jual Beli Makanan yang Tidak Mencantumkan Harga (Studi Kasus Penjual Makanan di Sekitar Makam Sunan Muria)

Khanifah, Ayu Umu (2021) Tinjauan Hukum Islam dan UU Perlindungan Konsumen Terhadap Praktik Jual Beli Makanan yang Tidak Mencantumkan Harga (Studi Kasus Penjual Makanan di Sekitar Makam Sunan Muria). Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Khanifah, Ayu, Umu. 2020. Tinjauan Hukum Islam Dan UU Perlindungan Konsumen Terhadap Penjual Makanan Yang Tidak Mencantumkan Harga (Study Kasus Penjual Makanan Di Sekitar Makam Sunan Muria).skripsi, Fakultas Syari‟ah. Jurusan Hukum Ekonomi Syari‟ah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Drs. Machfudz, MAg kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Penjual Makanan, Hukum Islam, Perlindungan Konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peraktek yang berkaitan dengan penjual makanan di sekitar Makam Sunan Muria. Fokus penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana praktik jual beli makan di sekitar Makam Sunan Muria? 2. Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap penjual makanan tidak mencantumkan menu harga di sekitar Makam Sunan Muria Kudus? 3. Bagaimana perlindungan konsumen menurut UU No. 8 Tahun 1999 ? Sedangkan untuk menjawab pertanyaan tersebut, Penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analitik. yaitu penelitian dengan mengumpulkan data yang didapat dari konsumen kemudian memaparkan dan menganalisa dengan Hukum Islam dan UU No. 8 Tahun 1999. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli makanan tidak mencantumkan harga di sekitar Makam Sunan Muria dalam transaksi jual beli, para penjual biasanya memberikan harga setelah konsumen mendapatkan makanan yang diberikan penjual, harganyapun terkadang tidak wajar. untuk itu pembeli merasakan kecewa atas jual beli tersebut dan dalam Islampun melarang jual beli seperti ini karena merugikan salah satu pihak bahkan menurut Undangundang perlindungan juga dilarang dalam jual beli seperti ini. Dalam hukum Islam terhadap penjual makanan tidak mencantumkan harga yang dilakukan hukumnya tidak sah karena belum memenuhi syarat, rukun, dan asas-asas muamalah. Dan mengenai perlindungan konsumen pada penjual makanan di sekitar Makam Sunan Muria tidak sesuai dengan UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen secara keseluruhan pada pasal-pasal mengenai hak-hak dan kewajiban konsumen serta perbuatan-perbuatan yang dilarang bagi pelaku usaha.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2021 09:22
Last Modified: 16 Sep 2021 09:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11471

Actions (login required)

View Item View Item