EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DI MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas 4 SDN Purwodadi Tahun 2020)

suryaningsih, Icha (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DI MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas 4 SDN Purwodadi Tahun 2020). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ICHA SURYANINGSIH 23040170142.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Suryaningsih, Icha. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Di Masa Pembelajaran Jarak Jauh Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas 4 SDN Purwodadi Tahun 2020. Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Hesti Ariestina S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar, Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pembelajaran jarak jauh Bahasa Indonesia di kelas 4 SDN Purwodadi di masa pandemi dan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pembelajaran jarak jauh Bahasa Indonesia di kelas 4 SDN Purwodadi di masa pandemi. Penelitian dalam skripsi ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Penelitian ini memberikan gambaran yang berkenaan dengan apa yang terjadi di lapangan dan dapat memahami tindakan-tindakan pada subjek dan objek yang diteliti melalui teknik-teknik penelitian kualitatif seperti wawancara secara mendalam, dokumentasi, observasi dan angket. Hasil temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran jarak jauh selama pandemi di SDN Purwodadi menggunakan WAG, quizees, link youtube, siaran radio. Efektivitas pembelajaran daring terhadap prestasi Bahasa Indonesia di masa pembelajaran jarak jauh terhadap siswa kelas IV kurang efektif, pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV ini guru juga tidak dapat menilai siswa secara langsung, sedangkan dimuatan pembelajaran Bahasa Indonesia sangat membutuhkan penilaian seperti mendengarkan, berbicara, membaca, menulis. Selama pembelajaran daring siswa hanya menggunakan handphone untuk pemberian tugas dan pengumpulannya, untuk materinya dibagikan video dan link youtube, tidak banyak siswa yang bisa memahami sendiri dengan hanya penjelasan menggunakan video dan penjelasan dari guru secara singkat.Kurang efektifnya pembelajaran daring dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Purwodadi, menuntut guru untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi kepada siswanya.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2021 16:08
Last Modified: 23 Sep 2021 16:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11487

Actions (login required)

View Item View Item