PENGARUH SIKAP RELIGIUSITAS DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PADA SISWA SMK NEGERI 1 JAMBU DAN SISWA SMK ROUDLOTUL FURQON KEBUMEN BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN 2021

Indrawan, Prydar Sakti (2021) PENGARUH SIKAP RELIGIUSITAS DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PADA SISWA SMK NEGERI 1 JAMBU DAN SISWA SMK ROUDLOTUL FURQON KEBUMEN BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN 2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PENGARUH SIKAP RELIGIUSITAS DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PADA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Judul : Pengaruh Sikap Religiusitas dan Keaktifan Belajar terhadap Hasil Belajar PAI pada Siswa SMK Negeri 1 Jambu dan Siswa SMK Roudlotul Furqon Kebumen Banyubiru Kab. Semarang Tahun 2021 Tujuan penelitian ini adalah 1) Menemukan dan menganalis pengaruh sikap religiusitas terhadap hasil belajar PAI Siswa SMK Negeri 1 Jambu dan Siswa SMK Roudlotul Furqon Kebumen Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun 2021.2) Menemukan dan menganalis pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar PAI Siswa SMK Negeri 1 Jambu dan Siswa SMK Roudlotul Furqon Kebumen Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun 2021. 3) Menemukan serta menganalis antara sikap religiusitas dan Keaktifan Belajar terhadap hasil belajar PAI pada Siswa SMK Negeri 1 Jambu dan Siswa SMK Roudlotul Furqon Kebumen Banyubiru Semarang Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif cara pengumpulan datanya menggunakan metode survey dan analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk mengaju hipotensis yang telah ditetapkan. Subjek penelitian ini adalah Siswa SMK Negeri 1 Jambu dan Siswa SMK Roudlotul Furqon Kebumen sebanyak 75 orang. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji linearitas, dan uji heterokedastisitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan tabel output Model Summary pertama diketahui besarnya angka koefisien R Square adalah 0,429 atau sama dengan 42,9%, maka variabel sikap religiusitas (X1) berpengaruh terhadap hasil belajar PAI (Y) sebesar 42,9%. Sedangkan sisanya 100% - 42,9% = 57,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan tabel output Model Summary kedua, diketahui angka koefisien R Square adalah 0,420 atau sama dengan 42,0% maka variabel keaktifan belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar PAI (Y) sebesar 42,0%. Sedangkan sisanya 100% - 42,0% = 58,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan tabel output Model Summary ketiga, diketahui nilai R Square adalah sebesar 0,632 atau sama dengan 63,2% mengandung arti bahwa variabel sikap religiusitas (X1) dan keaktifan belajar (X2) secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar PAI (Y) yaitu sebesar 42,0%. Sedangkan sisanya 100% - 63,2% = 36,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2021 17:28
Last Modified: 28 Sep 2021 17:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11501

Actions (login required)

View Item View Item