Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Meet Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Ada Kelas V Di MI Ma'arif Globak Blotongan Kota Salatiga Tahun Ajaran 2020/2021

safitri, Lailatus (2021) Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Meet Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Ada Kelas V Di MI Ma'arif Globak Blotongan Kota Salatiga Tahun Ajaran 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Lailatus Safitri 23040170141.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Safitri, Lailatus. 2021. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Meet Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Kelas V Di MI Ma’arif Global Blotongan Kota Salatiga Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Hesti Ariestina, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas; google meet; pembelajaran jarak jauh Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui penerapan aplikasi google meet pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di kelas V MI Ma’arif Global Blotongan; 2) mengetahui hambatan- hambatan yang dihadapi guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di kelas V MI Ma’arif Global Blotongan; 3) mengetahui keefektivitasan penggunaan aplikasi google meet pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di kelas V MI Ma’arif Global Blotongan tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif deskriptif. Responden penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas V, orang tua atau wali siswa kelas V, dan siswa kelas V. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Madrasah Ibtidaiyah Global Blotongan tahun ajaran 2020/2021 sudah menerapkan pembelajaran jarak jauh sesuai kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemendikbud No. 4 tahun 2020 yang mewajibkan proses untuk belajar dari rumah dengan menggunakan pembelajaran daring atau online namun tidak ada patokan dalam pemanfaatan media aplikasi platform digital dan semua proses pembelajaran diserahkan kepada guru kelas masing-masing; 2) Proses pembelajaran kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Global Blotongan tahun ajaran 2020/2021 sangat relatif fleksibel dengan memanfaatkan beberapa media aplikasi platform digital sebagai media pengganti ruang belajar siswa di sekolah; 3) Siswa maupun guru kelas V masih mengalami banyak kendala atau hambatan dalam penggunaan aplikasi google meet terhadap pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di MI Ma’arif Global Blotongan tahun ajaran 2020/2021; 4) Penggunaan aplikasi google meet terhadap pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada kelas V di MI Ma’arif Global Blotongan tahun ajaran 2020/2021 dapat dinilai tidak efektif karena pembelajaran yang dilaksanakan tidak dapat menumbuhkan minat dan motivasi giat belajar siswa kelas V serta target atau tujuan pembelajaran tidak terpenuhi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Oct 2021 15:04
Last Modified: 04 Oct 2021 08:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11514

Actions (login required)

View Item View Item