IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI BUNYI UNTUK SISWA KELAS IV MIN 11 BOYOLALI

Dewi, Diah Ratih Kumala (2021) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI BUNYI UNTUK SISWA KELAS IV MIN 11 BOYOLALI. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI DIAH RATIH KUMALA DEWI 23040170072-converted.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dewi, Diah Ratih Kumala. 2021. Implementasi Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran IPA Materi Bunyi Untuk Siswa Kelas IV MIN 11 Boyolali. Skripsi, Salatiga: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Fatkhur Rozi, M. Pd. Kata Kunci: Media Video, Pembelajaran IPA, Materi Bunyi Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui bagaimana penggunaan media video pada pembelajaran IPA materi bunyi di kelas IV MIN 11 Boyolali, 2) mengetahui apa saja faktor pendukung penggunaan media video pada pembelajaran IPA materi bunyi di kelas IV MIN 11 Boyolali, 3) mengetahui apa saja hambatan dan solusi dalam penggunaan media video pada pembelajaran IPA materi bunyi di kelas IV MIN 11 Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yakni hasil wawancara dengan guru kelas IV, 4 siswa dan 4 orang tua siswa, serta didukung sumber data yang lain yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, analisa data, menarik kesimpulan. Pengecekan Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses penggunaan media video selama pembelajaran daring guru memerlukan beberapa tahap, yaitu: 1) penyampaian tujuan belajar; 2) penayangan video oleh siswa; dan 3) evaluasi. Minat dan hasil belajar siswa juga menunjukkan pengingkatan yang signifikan. Pada implementasi penggunaan media video pada pembelajaran IPA materi bunyi di kelas IV MIN 11 Boyolali tentunya memiliki faktor pendukung, antara lain: 1) handphone; 2) materi video materi bunyi; 3) buku materi pelajaran IPA; 4) jaringan yang stabil; 5) guru yang membangun komunikasi baik dengan siswa; 6) minat belajar siswa; dan 7) orang tua. Adapun hambatan implementasi penggunaan media video seperti; 1) jaringan internet bermasalah; 2) handphone kurang mendukung; 3) siswa tidak memiliki handphone sendiri; dan 4) durasi video terlalu lama. Guru dan pihak MIN 11 Boyolali juga memiliki solusi antara lain; 1) pemberian subsidi kuota sesuai dengan kartu yang digunakan oleh siswa; 2) pemilihan video dengan durasi singkat; 3) pemberian tenggang waktu pengumpulan tugas lebih lama; dan 4) penggunaan video pembelajaran sesuai kebutuhan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Oct 2021 03:52
Last Modified: 06 Oct 2021 11:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11531

Actions (login required)

View Item View Item