PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DENGAN METODE INDEX CARD MATCH DI MI MA’ARIF GLOBAL BLOTONGAN KECAMATAN SIDOREJO SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

mukaromah, mukaromah (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DENGAN METODE INDEX CARD MATCH DI MI MA’ARIF GLOBAL BLOTONGAN KECAMATAN SIDOREJO SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Skripsi_MUKAROMAH_11413049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mata pelajaran Al-Qur’an Hadis adalah mata pelajaran yang salah satu tujuannya adalah memberikan kemampuan dasar siswa dalam membaca, menulis membiasakan, dan menggemari membaca Al-Quran Hadis. Untuk itu madrasah mengharapkan pembelajaran yang berlangsung dapat berhasil sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Namun realita di lapangan khususnya yang terjadi di MI Ma’arif Blotongan Kecamatan Sidorejo kelas IV ternyata nilai rata-rata mata pelajaran tersebut masih rendah yaitu 5,4 dibawah rata-rata nilai ketuntasan minimal yang ditentukan yaitu 7,00. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang masih konvensional dan beberapa siswa cenderung lamban dalam menerima pelajaran ketika belajar, walaupun materi pembelajaran sudah diulang-ulang. Berdasarkan permasalahan tersebut maka harus diadakan perbaikan pembelajaran yang terkait dengan metode pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari latar belakang permasalahan tersebut peneliti ingin mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran Al-Qur’an Hadis pada siswa kelas IV MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga Tahun Pelajaran 2014-2015?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti menggunakan rancangan penelitian berupa penelitian tindakan kelas (classroom action research) pada pembelajaran Al-Quran Hadis kelas IV dengan sub materi menerjemahkan surat al-Lahab, yang pengumpulan datanya menggunakan metode observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan analisis deskripsi kualitatif. Berdasarkan penelitian pembelajaran yang sudah dilakukan dalam tiga siklus menunjukkan Peningkatan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan rata-rata nilai yang dicapai yaitu 6,11 pada siklus I menjadi 6,91 pada siklus II dan naik menjadi 8,07 pada sikus III yang berarti melebihi Kriteria ketuntasan minimal ( KKM) yang sudah ditentukan oleh Madrasah. Hal ini membuktikan bahwa metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Mar 2017 01:36
Last Modified: 13 Mar 2017 01:36
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1154

Actions (login required)

View Item View Item