ANALISIS PENGARUH PEMBIAYAAN JUAL BELI (PJB), PEMBIAYAAN BAGI HASIL (PBH) DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) DENGAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) SEBAGAI VARIABEL MODERASI PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Periode 2015-2019)

yuliana, (2021) ANALISIS PENGARUH PEMBIAYAAN JUAL BELI (PJB), PEMBIAYAAN BAGI HASIL (PBH) DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) DENGAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) SEBAGAI VARIABEL MODERASI PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Periode 2015-2019). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI Yuliana 0327.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Pengaruh Pembiayaan Jual Beli (PJB), Pembiayaan Bagi Hasil (PBH), dan Modal Intelektual Terhadap Return On Assets (ROA) dengan Non Performing Financing (NPF) sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Periode 2015-2019). Populasi dalam penelitian ini Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2015-2019. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Uji Interaksi (Moderated Regression Analysis) yaitu uji yang digunakan untuk menguji ketergantungan antar variabel terikat dan variabel bebas yang disebut dengan moderasi. Hasil yang terpilih nantinya akan dilakukan uji ulang pada signifikan yang meliputi uji koefisien determinasi, uji t, dan uji f. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berbentuk panel. Data diperoleh dari website masing-masing bank yang terlah dipublikasi. Data diolah dengan menggunakan aplikasi Eviews 11 sebagai alat bantu. Hasil penelitian menunjukan Pembiayaan Jual Beli, Pembiayaan Bagi Hasil, dan Modal Intelektual tidak berpengaruh terhadap ROA. NPF mampu memoderasi Pembiayaan Jual Beli terhadap ROA, NPF tidak mampu memoderasi Pembiayaan Bagi Hasil terhadap ROA, dan NPF mampu memoderasi Modal Intelektual terhadap ROA.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2021 20:42
Last Modified: 14 Oct 2021 10:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11562

Actions (login required)

View Item View Item