PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, LIKUIDITAS, DAN KECUKUPAN MODAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPOSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2015-2019)

Pratiwi, Efa Mega (2021) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, LIKUIDITAS, DAN KECUKUPAN MODAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPOSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2015-2019). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Efa Mega Pratiwi040 (2).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Ukuran Perusahaan (SIZE), Leverage (DER), Likuiditas (FDR), Kecukupan Modal (CAR) terhadap Kinerja Keuangan (ROA) dengan Islamic Corporate Social Responsibility (ISR) sebagai variabel intervening, pada Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2015 hingga 2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan path analysis sebagai analisis data. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Bank Umum Syariah di Indonesia sebanyak 14 bank syariah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah uji statistik melalui uji Ttest, Ftest, R2, uji regresi data panel dan juga analisis jalur atau path analysis. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan alat bantu SPSS 25 dan EViews 9. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil uji Ttest yang menunjukkan bahwa variabel Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan, Leverage berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan, Likuiditas tidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan, Kecukupan Modal berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan, ICSR berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan. Hasil uji Ftest menunjukkan vahwa secara bersama-sama variabel Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, Kecukupan Modal, dan ICSR berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan. Sedangkan hasil analsisi jalur menunjukkan bahwa variabel ICSR tidak dapat memediasi pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, dan Kecukupan Modal terhadap Kinerja Keuangan. Kata Kunci : Ukuran Perusahaan (SIZE), Leverage (DER), Likuiditas (FDR), Kecukupan Modal (CAR), Kinerja Keuangan (ROA), Islamic Corporate Social Responsibility (ISR)

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2021 23:39
Last Modified: 18 Nov 2021 12:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11565

Actions (login required)

View Item View Item