PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ALAT PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN MELALUI MODEL LEARNING CYCLE PADA SISWA KELAS V MI MIFTAHUL HUDA KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Kairuroh, Umi (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ALAT PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN MELALUI MODEL LEARNING CYCLE PADA SISWA KELAS V MI MIFTAHUL HUDA KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Umi Kairuroh_11511001.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI memiliki hasil belajar yang rendah, dimana hal ini tidak terlepas dari sistem pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Hal ini berkaitan dengan masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Apakah model learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi alat pernapasan manusia dan hewan pada siswa kelas V MI Miftahul Huda Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I, siklus II. Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar IPA materi alat pernapasan manusia dan hewan kelas V Tahun Pelajaran 2015/2016. Melalui model learning cycle adanya peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dapat dilihat kondisi awal dari hasil pembahasan yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra-siklus sebesar 47,5 atau 20% siswa yang tuntas belajar, pada siklus I meningkat menjadi 76,5% atau 80% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 83,5 atau 100% siswa tuntas. Pada aspek afektif, sebagian besar siswa (70%) kelas V telah mempunyai nilai afektif dengan predikat baik sekali. Pada aspek psikomotorik, sebagian besar siswa atau 60% kelas V telah mempunyai nilai psikomotorik dengan predikat baik. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi alat pernapasan manusia dan hewan pada siswa kelas V MI Miftahul Huda Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2016 06:21
Last Modified: 11 Feb 2016 06:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item View Item