PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, JUMLAH PENDUDUK DAN PENGANGGURAN DENGAN DISTRIBUSI ZAKAT SEBAGAI VARIABEL MODERASI TERHADAP KEMISKINAN DI INDONESIA (Periode 2007-2020)

APRILIAWATIK, (2021) PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, JUMLAH PENDUDUK DAN PENGANGGURAN DENGAN DISTRIBUSI ZAKAT SEBAGAI VARIABEL MODERASI TERHADAP KEMISKINAN DI INDONESIA (Periode 2007-2020). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI APRILIAWATIK EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM), jumlah penduduk, pengangguran dan distribusi zakat sebagai variabel moderasi terhadap kemiskinan Indonesia periode 2007-2020. Penelitian ini menggunakan data sekunder berbentuk time series. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan alat bantu Eviews10. Pengumpulan data dilakukan melalui pengambilan data dari publikasi BPS Indonesia dan data outlook BAZNAS tahun 2007-2020. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini yakni kuantitatif dengan sampel yang diambil sampel jenuh, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Tekhnik analisis menggunakan uji stasioner, uji asumsi klasik dan uji statistik. Berdasarkan hasil analisis diperoleh variabel IPM, jumlah penduduk dan pengangguran berpengaruh positif signifikan terhadap kemiskinan, zakat mampu memoderasi IPM dan pengangguran, namun zakat tidak mampu memoderasi jumlah penduduk terhadap kemiskinan Indonesia 2007-2020.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2021 15:28
Last Modified: 14 Oct 2021 09:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11601

Actions (login required)

View Item View Item