PENGARUH GROSS DOMESTIC PRODUCT (GDP), BI RATE DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) TERHADAP RETURN OF ASSET (ROA) BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA DENGAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) SEBAGAI VARIABLE INTERVENING (2015-2020)

EKAWATI, DIAN (2021) PENGARUH GROSS DOMESTIC PRODUCT (GDP), BI RATE DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) TERHADAP RETURN OF ASSET (ROA) BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA DENGAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) SEBAGAI VARIABLE INTERVENING (2015-2020). [UNSPECIFIED]

[img] Text
DIAN_EKAWATI_ACC[1].pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitain ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari GDP, Suku Bunga BI dan CAR terhadap ROA Bank Umum Syariah Di Indonesia dengan NPF Sebagai Variable Intervening tahun 2015-2020. Strategi pengumpulan informasi yang digunakan adalah dengan mendapatkan rasio kecukupan melalui situs Otoritas Jasa Keuangan. Populasi dalam penelitian ialah Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2015-2020. Prosedur pengujian dalam penelitian ini adalah purposive sampling sesuai standar yang telah ditetapkan sebelumnya. Pengelolaan data dalam penelitian ini dengan menggunakan aplikasi Eviews 10. Hasil dari penelitian inimenunjukan bahwa Variabel GDP memiliki pengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap ROA, Variabel BI Rate dan CAR memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ROA, NPF berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA, variabel GDP memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Non Performing Product (NPF), variabel BI Rate dan CAR memberikan pengaruh negatif dan signifikan terhadap Non Performing Product (NPF), NPF mampu memediasi hubungan antara variabel GDP, BI Rate, CAR terhadap ROA.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2021 20:11
Last Modified: 14 Oct 2021 13:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11603

Actions (login required)

View Item View Item