PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA MI SALAFIYATUL MA'MUROH DI KECAMATAN CEPOGO BOYOLALI

PURWANTI, II (2021) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA MI SALAFIYATUL MA'MUROH DI KECAMATAN CEPOGO BOYOLALI. [UNSPECIFIED]

[img] Text
FILE SKRIPSI II PURWANTI 23040170076-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Purwanti, ii. 2021. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Mi Salafiyatul Ma’muroh Di Kecamatan Cepogo Boyolali. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendiskripsikan pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar di masa pandemi covid-19 pada siswa MI Salafiyatul Ma’muroh, 2) mendiskripsikan pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar di masa pandemi covid-19 pada siswa MI Salafiyatul Ma’muroh, 3) mendiskripsikan pengaruh pola asuh orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar di masa pandemi covid-19 pada siswa MI Salafiyatul Ma’muroh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian ini yaitu siswa kelas III, IV dan kelas V. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket atau kuesioner dan hasil belajar diperoleh melalui dokumen nilai raport semester dua. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan rumus korelasional pengaruh, digunakan analisis statistik regrasi linier berganda. Subjek penelitian 30 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar di masa pandemi covid-19 pada siswa MI Salafiyatul Ma’muroh. Dari hasil tampak bahwa r hitung lebih besar dari r table maka Ha diterima. Dengan demikian korelasi 0,382 itu terdapat pengaruh dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa. 2) Ada pengaruh antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar di masa pandemi covid- 19 pada siswa MI Salafiyatul Ma’muroh. Dari hasil tampak bahwa r hitung lebih besar dari r table maka Ha diterima. Dengan demikian korelasi 0,456 itu signifikan. Terdapat ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa. 3) Ada pengaruh antara pola asuh orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa di MI Salafiyatul Ma’muroh di Kecamatan Cepogo Boyolali di masa pandemi covid-19 pada siswa MI Salafiyatul Ma’muroh. Setelah diuji nilai korelasi ganda (R) yang dihitung melalui uji F0 di atas adalah 3,76 maka selanjutkan penulis melakukan uji signifikan yaitu dengan cara membandingkan antara F hitung dengan F tabel dengan dk pembilang = k dan dk penyebut = (n – k - 1) dan taraf kesalahan yang ditetapkan 5%. Maka F tabel = 3,35. Dalam hal ini berlaku ketentuan bila Fh lebih besar dari Ft, maka koefisien korelasi ganda yang diuji adalah signifikan. Jadi F hitung > F tabel atau 3,76>3,35. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa di MI Salafiyatul Ma’muroh di Kecamatan Cepogo Boyolali.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2021 21:57
Last Modified: 14 Oct 2021 15:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11604

Actions (login required)

View Item View Item