STRATEGI PENANAMAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS 2 MI SELAMA BELAJAR DARI RUMAH (Studi Kasus di MI Tholabiyah Tegaron Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun 2021)

qurbatillah, Abdilla futhry arshelina (2021) STRATEGI PENANAMAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS 2 MI SELAMA BELAJAR DARI RUMAH (Studi Kasus di MI Tholabiyah Tegaron Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun 2021). [UNSPECIFIED]

[img] Text
New. ABDILLA FUTHRY A.Q,. - 23040170170-converted.pdf

Download (2MB)

Abstract

Qurbatillah, Abdilla, Futhry, Arshelina. 2021.Strategi Penanaman Kedisiplinan Anak Kelas 2 MI Selama Belajar dari Rumah (Studi Kasus di MI Tholabiyah Tegaron Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun 2021). Skripsi. Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Agung Hidayatulloh, S.S., M.Pd.I Kata Kunci : Strategi Penanaman Disiplin, belajar dari rumah Tujuan Penelitian ini ada dua hal, yaitu: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi penanaman kedisiplinan Anak kelas 2 di MI Tholabiyah Tegaron selama belajar dari rumah. (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pendukung dan penghambat penanaman kedisiplinan anak kelas 2 di MI Tholabiyah Tegaron selama belajar dari rumah. Jenis penelitian skripsi ini penelitian lapangan (filed research) kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas dua, dan orang tua siswa. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni observasi dan wawancara pada kepala sekolah, guru kelas dua, dan orang tua siswa, dan sumber sekunder yang berupa dokumen yang dapat menunjang penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi disiplin waktu bagi peserta didik dilakukan dengan penjadwalan dan pengkondisian oleg guru yang dibantu orangtua peserta didik. adapun strategi terhadap pengumpulan tugas dilakukan dengan cara pemberian apresiasi oleh orang]tua dan guru. (2) Faktor yang mendukung penanaman kedisiplinan terlihat dari adanya kartu hafalan surah-surah pendek bagi siswa, sikap guru dan orang tua yang konsisten terhadap peraturan yang telah dibuat, pendampingan orang tua selama siswa belajar dari rumah, adanya hadiah dari guru maupun orang tua, dan pembiasaan untuk mematuhi tata tertib. Faktor penghambat pelaksanaan yaitu siyal yang kurang mendukung, latar belakang orang tua yang kurang mendukung anak untuk disiplin.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2021 22:01
Last Modified: 15 Oct 2021 15:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11613

Actions (login required)

View Item View Item