STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI SOSIAL DI MI NURUL HUDA SEPAKUNG KEC. BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021

MARDIATI, (2021) STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI SOSIAL DI MI NURUL HUDA SEPAKUNG KEC. BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI MARDIATI 23040170114-converted (1).pdf

Download (5MB)

Abstract

Mardiati. 2021. Strategi Pembinaan Karakter Religius dan Peduli Sosial di MI Nurul Huda Sepakung Kec. Banyubiru Kab. Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Pendidikan Guru MI (PGMI) IAIN Salatiga. Kata Kunci: Strategi Pembinaan, Karakter Religius dan Peduli Sosial Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi pembinaan karakter religius dan peduli sosial di MI Nurul Huda Sepakung Kec. Banyubiru. 2) Untuk mengetahui tujuan pembinaan karakter religius dan peduli sosial di MI Nurul Huda Sepakung kec. Banyubiru. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dalam pembinaan karakter religius dan peduli sosial di MI Nurul Huda Sepakung Kec. Banyubiru. 4) Untuk mengetahui faktor penghambat pembinaan karakter religius dan peduli sosial di MI Nurul Huda Sepakung Kec. Banyubiru. Metode penelitian menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah 1) Strategi pembinaan karakter religius dan peduli sosial peserta didik di MI Nurul Huda Sepakung Kec. Banyubiru memasukkan nilai- nilai karakter religius dan peduli sosial dengan tepat dalam kegiatan belajar mengajar. Strategi yang digunakan di MI Nurul Huda Sepakung Kec. Banyubiru ini yaitu Moral Knowing, Moral Loving, Moral Doing yang disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan saat kegiatan belajar mengajar di sekolah. 2) Tujuan pembinaan karakter religius dan peduli sosial adalah mencetak generasi yang religius (jujur, disiplin, taat beribadah) dan sebagai makhluk sosial manusia yang dalam kehidupan kesehariannya selalu berinteraksi dengan sesamanya sudah barang tentu membutuhkan sebuah tatacara atau cara berkomunikasi dengan baik supaya hubungan yang terjalin menjadi hubungan yang harmonis, tidak merugikan orang lain dan diri sendiri. 3) Faktor pendukung pembinaan pendidikan karakter religius dan peduli sosial di MI Nurul Huda Sepakung Kec. Banyubiru yaitu a) Ketersediaan sarana prasarana. b) Keteladanan dengan akhlaqul karimah yang dilakukan dewan guru sebagai modal untuk ditirukan oleh anak. c) Semangat dalam diri anak sangat tinggi untuk belajar, terpenuhinya sarana prasarana di MI Nurul Huda sepakung. 4) Faktor penghambat dalam pembinaan karakter religius dan peduli sosial di MI Nurul Huda Sepakung kec. Banyubiru adalah a) Kurangnya perhatian dan motivasi orang tua untuk tetap membimbing anak dalam hal akhlaqul karimah. b) Keterbatasan waktu untuk terus menggali potensi, karena jika anak sampai dirumah, terkadang para orang tua lupa memberikan perhatian ataupun sekedar meningatkan sikap religius.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2021 22:17
Last Modified: 15 Oct 2021 22:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11614

Actions (login required)

View Item View Item