PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SUB TEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD PADA SISWA KELAS V

PRAWITO, DIYAN SUYUD (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SUB TEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD PADA SISWA KELAS V. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Diyan_Suyud_P_23040160177[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

Suyud, Diyan. 2020 . Peningkatan Hasil Belajar IPS Sub Tema Manusia dan Lingkungan melalui Model Sains Teknologi Masyarakat berbantuan Media Question Card pada Siswa Kelas V. Skripsi. Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Rasimin, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPS, Sains Teknologi Masyarakat, Question Card Penelitian ini merupakan upaya peningkatan hasil belajar siswa yang dilatar belakangi rendahnya hasil belajar IPS, beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa diantaranya : sistem pembelajaran yang diberikan guru kurang bervariatif, pembelajaran cenderung membosankan, siswa kurang antusias dalam pembelajaran. Sehingga minat belajar siswa menurun dan menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini. Rumusan masalah yang dikaji adalah "apakah penerapan model sains teknologi masyarakat berbantuan media question card dapat meningkatkan hasil belajar ips sub tema manusia dan lingkungan pada siswa kelas V?". Guru menjawab permasalahan tersebut dengan melakukan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 28 siswa, 17 laki-laki dan 11 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data tersebut adalah lembar observasi, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model sains teknologi masyarakat berbantuan media question card dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus terdapat 10 siswa yang tuntas dengan presentase 35,7% dan yang tidak tuntas sebanyak 18 siswa dengan presentase 64,2% dengan rata-rata kelas 60,8. Pada siklus I dengan menggunkan model pembelajaran sains teknologi masyarkat dengan media question card hasil belajar siswa meningkat menjadi 14 siswa yang tuntas dengan presentase 50% dan pada siklus II meningkat signifikan menjadi 26 siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan 92,9%. Dengan demikian hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 42,9 %.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2021 15:47
Last Modified: 18 Oct 2021 09:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11621

Actions (login required)

View Item View Item