EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NUSANTARA GEDANGAN TUNTANG TAHUN AJARAN 2020/2021

fawaida, ita nazla (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NUSANTARA GEDANGAN TUNTANG TAHUN AJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Itanazlfawaida_T MTK_23070170030.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar matematika materi statistika kelas VIII SMP Nusantara Gedangan Tuntang Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif. Dengan pendekatan Quasi Eksperimen one grup pretestt posttestt. Jenis penelitian ini digunakan untuk mengetahui efektivitas model PBL (Problem Based Learning) dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data menggunakan test dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Nusantara Gedangan Tuntang yang berjumlah 19 siswa. Analisis datanya mengunakan uji normalitas, uji N- gain, uji homogenitas uji paired sampel. Pembelajaran mengunakan model PBL cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Nusantara Gedangan Tuntang Tahun Ajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan ketika pretest atau sebelum menggunakan model pembelajaran PBL dengan hasil penelitian, dengan sampelnya dari 19 siswa mendapatkan nilai rata-rata 48,89. Dan nilai tertinggi 75 sedangkan nilai terendah 25. Adapun setelah pembelajaran menggunakan model PBL mendapatkan nilai rata-rata 77,89. Dan nilai tertinggi 100 sedangkan nilai terendah 50.Dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam pembelajaran matematika 75. Siswa yang belum tuntas atau belum mencapai KKM dalam posttest ada 5 siswa. ketika di pretest atau sebelum diberi perlakuan yang belum mencapai KKM terdapat 17 siswa. Sehingga siswa yang sudah tuntas meningkat 12 siswa. Dan dibuktikan juga dengan nilai t hitung dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel, 10,705 > 1,729. Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model PBL efektif terhadap hasi belajar matematika materi statistika siswa kelas VIII SMP Nusantara Gedangan Tuntang Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2021 20:24
Last Modified: 18 Oct 2021 14:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11632

Actions (login required)

View Item View Item