KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) ANTARA SISWA PUTRA DAN PUTRI KELAS VIII SMPN 2 PEGANDON KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Anjani, Dzakia (2021) KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) ANTARA SISWA PUTRA DAN PUTRI KELAS VIII SMPN 2 PEGANDON KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
DZAKIA ANJANI 23070170079.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi hasil belajar matematika siswa putra dan siswa putri pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) serta untuk mengetahui apakah ada perbandingan hasil belajar matematika antara siswa putra dan siswa putri pada materi sitem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMPN 2 Pegandon Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif dengan metode Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Pegandon dan sampelnya adalah siswa kelas VIII D yang dipilih untuk dijadikan sampel penelitian. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu gender dengan dua kategori yaitu laki-laki dan perempuan (X) sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Instrumen pengumpulan data meliputi soal tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu Statistik Deskriptif, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Independent Sampel T-Test. Dari hasil analisis diperoleh variasi hasil belajar siswa laki-laki yaitu hasil belajar kategori tinggi sebanyak 2 responden (6,25%), kategori sedang sebanyak 7 responden (21,875%) dan kategori rendah sebanyak 5 responden (15,625). Sedangkan variasi hasil belajar siswa perempuan yaitu untuk kategori tinggi sebanyak 7 responden (21,875%), kategori sedang sebanyak 9 responden (28,125), dan untuk kategori rendah sebanyak 2 responden (6,25%). Dan dari analisis dengan menggunakan Independen Sampel T-test diperoleh t-hitung sebesar -2,915 dan nilai t-tabel sebesar 2,042 dengan df 30 dan taraf nilai signifikansi 5%. Karena t-hitung bernilai negatif, maka jika nilai t-hitung lebih kecil dari t-tabel (-2,915 < 2,042). Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa laki-laki dan siswa perempuan. Maka dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditilak. Dan juga dilihat data mean, rata-rata hasil belajar siswa laki-laki sebesar 68,6714, sedangkan nilai rata-rata siswa perempuan yaitu 76,666.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2021 13:31
Last Modified: 21 Oct 2021 06:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11670

Actions (login required)

View Item View Item