PENGARUH ZAKAT INFAK SEDEKAH (ZIS), TENAGA KERJA DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DENGAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Provinsi di Pulau Jawa Tahun 2013-2019)

Safitri, Dwi Nur (2021) PENGARUH ZAKAT INFAK SEDEKAH (ZIS), TENAGA KERJA DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DENGAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Provinsi di Pulau Jawa Tahun 2013-2019). [UNSPECIFIED]

[img] Text
DWI NUR SAFITRI 63020170157.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Zakat Infak Sedekah (ZIS), Tenaga Kerja dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Pertumbuhan Ekonomi dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sebagai Variabel Intervening Studi Kasus Provinsi di Pulau JawaTahun 2013-2019. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengakses laporan tahunan yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Kementrian Keuangan dan PPID BAZNAS Provinsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian sekunder dengan data panel yang kemudian dianalisis menggunakan EViews 9. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh atau sample sensus. Sampel jenuh atau sample sensus adalah sampel yang bila ditambah jumlahnya tidak akan menambah keterwakilan sehingga tidak akan mempengaruhi nilai informasi yang diperoleh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Zakat Infak Sedekah (ZIS), tenaga kerja dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap pertumbuhan ekonomi dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai variabel intervening studi kasus Provinsi di Pulau Jawa Tahun 2013-2019. Teknis analisis data menggunakan uji stationeritas, uji regresi linier berganda, uji estimasi model data panel, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas), uji statistik (uji t, uji F dan uji R2) dan path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ZIS berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap IPM, tenaga kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPM, PAD berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPM, IPM berpengaruh positif dan tidak signifikan, IPM tidak mampu memediasi pengaruh ZIS, tenaga kerja dan PAD terhadap pertumbuhan ekonomi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2021 17:38
Last Modified: 23 Oct 2021 07:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11682

Actions (login required)

View Item View Item