PENGARUH SIZE COMPANY, PROFITABILITAS, DAN LIKUIDITAS TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2016-2020

devi, Novita shinta (2021) PENGARUH SIZE COMPANY, PROFITABILITAS, DAN LIKUIDITAS TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2016-2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah guna mengetahui pengaruh size company, profitabilitas, dan likuiditas terhadap tax avoidance dengan struktur modal sebagai variabel intervening. Jenis data yang digunakan pada penelitian yakni data kuantitatif dan analisis jalur sebagai analisis data. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data panel. Populasi pada penelitian adalah seluruh Bank Umum Syariah (BUS) yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) periode 2016 – 2020 yakni sejumlah 14 Bank Umum Syariah. Sampel yang diambil pada penelitian yakni sejumlah 10 Bank Umum Syariah dengan menggunakan teknik purposive samlpling. Pengolahan data yang digunakan adalah aplikasi Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa size company dan struktur modal (DER) berpengaruh positif dan tidak signifikan, sedangkan profitabilitas (ROA) dan likuiditas (CR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap tax avoidance (ETR). Size company dan likuiditas (CR) berpengaruh negatif dan tidak signifikan, namun profitabilitas (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal (DER). Adapun struktur modal (DER) tidak mampu memediasi pengaruh size company, profitabilitas (ROA), dan likuiditas (CR) terhadap tax avoidance (ETR). Namun secara bersamaan size company profitabilitas (ROA), likuiditas (CR) dan struktur modal (DER) berpengaruh terhadap tax avoidance (ETR).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2021 17:58
Last Modified: 21 Oct 2021 17:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11686

Actions (login required)

View Item View Item