PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING DENGAN KOMISARIS INDEPENDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

SAFITRI, FEBRIANTI (2021) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING DENGAN KOMISARIS INDEPENDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. [UNSPECIFIED]

[img] Text
FEBRIANTI SAFITRI (63010170161) PERBANKAN SYARIAH S1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu memperoleh bukti empiris perihal pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas melalui rasio ROA dan leverage melalui rasio DER terhadap pengungkapan Islamic social reporting dengan komisaris independen sebagai variabel moderasi. Penelitian ini mengaplikasikan data sekunder berwujud data panel yang diperoleh dari laporan keuangan tahunaan 11 bank umum syariah tahun 2016-2020 yang telah dipublikasikan melalui teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisi linier berganda dan moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian membuktikan variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap ISR, variabel profitabilitas berpengaruh negatif terhadap ISR, variabel leverage berpengaruh positif terhadap ISR. Akantetapi, analisis melalui variabel komisaris independen menunjukan hasil bahwa komisaris independen tidak mampu memoderasi variabel ukuran perusahaan dan variabel profitabilitas atau tidak signifikan terhadap ISR. Sedangkan variabel leverage terhadap ISR mampu dimoderasi oleh komisaris independen atau singnifikan terhadap ISR

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2021 19:21
Last Modified: 21 Oct 2021 12:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11694

Actions (login required)

View Item View Item